get app
inews
Aa Read Next : Berbakti kepada Orang Tua, Nilai Mulia dalam Kehidupan

Ingin Anak Pintar? Sering Bermain dengan Ayah Berpengaruh Besar lho!

Senin, 08 Mei 2023 | 12:37 WIB
header img
Ayah gendong anak dan sering diajak bermain bersamanya ayah menjadikan anak bisa pintar. Foto: iNewsNganjuk.id/Ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Untuk waktu sekarang ini bukan hanya ibu saja yang mengasuh anaknya. Ayah juga mempunyai peran yang penting dalam mengasuh anak. Bukan hanya ibu saja yang berperan mengasuh dan mendidik anak.

Cara terbaik mengasuh dan membesarkan anak yakni bekerjasama antara ibu dan ayah. Bahkan jika seorang ayah berinteraksi dengan aktif bersama anaknya dapat memberikan dampak yang positif pada kecerdasan anak.

Jika anak sering bermain dengan ayah studi menunjukkan anak dapat meningkatkan kemampuan yakni kognitif, perkembangan bahasa, regulasi emosi, bersosialisasi. Diharapakan ayah menghabiskan waktu lebih banyak bersama anak ketika mereka tumbuh dewasa.

Nah berikut bunda beberapa cara ajak bermain anak dengan ayah sesuai dengan umur anak.

Jika umur anak kurang dari satu tahun. Ajak anak bermain Tummy time di atas dada ayah sambil diajak bergurau. Bacakan buku cerita dengan interaktif. Jika anak sudah mulai merangkak di lantai ayah lah yang menemani bermain.

Nah jika anak anda berusia 1 hingga 2 tahun, ajak anak permainan susun balik, bermain puzzle, menggambar dan melukis bersama. Ayah juga bisa mengajak anak bermain pada sore hari diluar rumah dengan cae menggendong di pundak saat sedang berjalan.

Sedangkan jika anak sudah berumur lebih dari 2 tahun, ayah bisa mengajarkan anak bermain sepeda sampai anak bisa menaiki sepeda sendiri. Bermain kejar-kejaran bersama anak juga dapat membuat anak senang. Bermain lempar tangkap bola juga dapat memperkuat motorik anak.

Nah bagaimana jika anak dan ayah tidak tinggal bersama. Ayah dan ibu bisa mengoptimalkan komunikasi dengan cara setiap hari luangkan waktu untuk telfon atau video call bersama anak. Ajak anak berkomunikasi den bercanda setiap hari walaupun hanya dengan cara video call.

Dalam masa pertumbuhan anak belajar cara bersikap itu bukan dari apak yang dikatakan oleh orang tua. Namun, anak akan cepat menangkap dengan apa yang dicontohkan atau yang diketahui oleh anak sendiri.

Pastikan orang tua memberikan dan menunjukkan perilaku yang baik, menghargai serta menyayangi anggota lainnya didepan sang anak. Agar anak mencontoh perilaku baik dari kita sebagai orang tua.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut