get app
inews
Aa Read Next : Telaga Ngebel: Pesona Alam dan Legenda di Kabupaten Ponorogo

Air Terjun Tumpak Sewu, Keindahan Surga Tersembunyi dengan Mitos Awet Muda

Minggu, 04 Juni 2023 | 10:37 WIB
header img
Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang keindahan surga tersembunyi dan memiliki mitos awet muda . Foto : iNewsNganjuk.id/ Meita

LUMAJANG, iNewsNganjuk.id - Air terjun Tumpak Sewu merupakan wisata unggulan yang ada di Lumajang. Air terjun Tumpak Sewu ini indahnya seperti surga tersembunyi. Air terjun ini berada di perbatasan Lumajang dan Malang.

Keindahan air terjun yang memiliki bentuk seperti tirai menjadi favorit dari para wisatawan. Air terjun ini merupakan satu-satunya air terjun terindah yang ada di Indonesia. Bahkan air terjun ini mendapat julukan Niagara Waterfall Van Java.

Air terjun ini berada di dalam hutan yang rindang dengan pepohonan yang hijau. Bentuk dari air terjun ini mirip dengan Niagara diperbatasan Amerika Serikat dan Kanada. Niagara nya Indonesia ini memiliki bentuk unik, tempat asri dan alami dengan perjalanan menuju lokasi dengan berjalan kaki.

Air terjun ini berbeda dengan air terjun yang ada di Indonesia yang memiliki aliran hanya satu buah. Tumpak Sewu ini memiliki aliran yang banyak seperti tirai yang lebat dengan air yang jernih. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter.

Air terjun ini airnya mengalir dan melekat didinding tebing sehingga hempasan airnya tidak terlalu keras sampai ke sungai. Air terjun ini memiliki lembah yang curam dengan ketinggian daerah sekitar 500 mdpl. Aliran airnya berasal dari sungai glidih yang berhulu di gunung Semeru.

Keindahan air Terjun Tumpak Sewu dengan latar gunung Semeru menjadi spot yang ciamik para wisatawan. Selian dapat menikmati keindahan dari atas anda juga dapat turun kebawah untuk menikmati pemandangan yang tak kalah indah.

Namun selain keindahan air terjun ini terdapat juga mitos yang berkembang dikalangan masyarakat dan para wisatawan tentang air terjun Tumpak Sewu ini.

Mitosnya siapapun yang mencuci wajahnya dengan air yang mengalir deras dari air terjun ini akan awet muda. Nah ini yang membuat para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini selalu membasuh wajahnya.

Meskipun mitos yang berkembang belum terbukti kebenarannya. Namun, sebagian orang yang percaya bersemangat untuk mengunjungi air terjun ini.

Dengan tiket masuk yang sangat terbilang murah hanya Rp10.000 kamu sudah bisa menikmati keindahan alam yang sangat indah dan tentunya dengan mitos awet mudanya.

Bagaimana menarik bukan jangan lupa jika sedang berlibur ke Lumajang anda mampir'ke air terjun Tumpak Sewu ini.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut