get app
inews
Aa Read Next : 9 Fakta Unik yang Membuat Indonesia Bersinar di Panggung Dunia

Keren, Ini 10 Tarian Tradisional Indonesia yang Mendunia, Salah Satunya dari Jawa Timur

Selasa, 05 September 2023 | 09:18 WIB
header img
Tari Reog Ponorogo, Jawa Timur salah satu tari tradisional Indonesia yang mendunia. Foto : iNewsNganjuk.id/ Meita

NGANJUK, iNewsNganjuk.id- Indonesia memiliki kekayaan yang luar biasa dalam bentuk keberagaman suku bangsa, adat istiadat, bahasa, pengetahuan dan teknologi lokal, tradisi, kearifan lokal, serta seni. Kekayaan ini membentuk identitas bangsa di tengah dinamika perkembangan dunia, salah satunya dalam seni tari.

Setiap daerah di Indonesia memiliki tarian tradisional dengan kekhasan yang diwariskan turun temurun. Beberapa di antaranya bahkan telah mendunia dengan pertunjukan spektakulernya.

Mari kita kenali beberapa di antaranya:

 

1. Tari Saman, Aceh

Tari Saman adalah salah satu yang paling dikenal di kancah internasional. Tarian ini digunakan dalam upacara adat penting masyarakat Aceh dan dijaga dengan baik oleh seluruh Indonesia. UNESCO telah mengakui keistimewaan tarian ini dengan menetapkannya sebagai Warisan Budaya Tak Benda Manusia.

2. Tari Kecak, Bali

Selain keindahan alamnya, Bali memiliki Tari Kecak yang unik, di mana 70 penari berdiri melingkar dan meneriakkan kata "cak cak cak" sambil mengisahkan cerita pewayangan Ramayana. Atraksi api dalam pertunjukan ini menjadi daya tarik tersendiri.

3. Tari Jaipong, Jawa Barat 

Tari Jaipong merupakan identitas seni Jawa Barat yang terkenal. Dibuat oleh seniman Bandung, Gugum Gumbira, tari ini menggabungkan berbagai elemen seni tradisi Karawang, menciptakan keindahan yang unik.

4. Tari Topeng, DKI Jakarta 

Tarian ini mengandalkan visualisasi gerak dan topeng yang mirip dengan budaya Sunda. Meskipun berasal dari Jakarta, pengaruh budaya Sunda sangat kental dalam pertunjukan ini.

5. Tari Piring, Sumatra Barat 

Tari Piring berasal dari Sumatra Barat dan menampilkan atraksi menggunakan piring. Penari mengayunkan piring tanpa sehelai pun terlepas dari tangan, menciptakan pertunjukan yang memukau.

6. Tari Tortor, Sumatra Utara 

Tari ini merupakan bagian penting dari upacara adat masyarakat Batak di Sumatra Utara. Dilengkapi dengan iringan alat musik gondang, tari tortor memiliki nilai budaya dan spiritual yang mendalam.

7. Tari Yapong, DKI Jakarta 

Tari Yapong diiringi oleh alat musik khas Betawi dan menggambarkan suasana pergaulan para muda-mudi. Pertunjukan ini pertama kali muncul saat ulang tahun Jakarta yang ke-450 pada tahun 1977.

8. Tari Leleng, Kalimantan Timur 

Tari Leleng merupakan seni rakyat Suku Dayak Kenyah di Kalimantan Timur. Tarian ini menghormati burung Enggang yang dianggap sebagai perantara nenek moyang, dengan penggunaan bulu burung Enggang dalam perlengkapan tarian.

9. Tari Suanggi, Papua Barat 

Tari Suanggi berasal dari Papua Barat dan memiliki nuansa magis. Tarian ini berasal dari ritual dan upacara kepercayaan masyarakat Papua Barat terkait roh jahat yang disebut suanggi.

10. Tari Reog Ponorogo, Jawa Timur 

Kesenian Reog Ponorogo telah diumumkan untuk diserahkan ke UNESCO. Tari ini menampilkan singo barong, topeng harimau, dan ular dalam pertunjukan yang spektakuler.

Semua tarian tradisional ini memperkaya kekayaan budaya Indonesia dan menjadi warisan luhur yang patut dibanggakan.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut