get app
inews
Aa Read Next : Hukum Puasa Mutih untuk Mengabulkan Hajat dalam Islam: Tradisi atau Musyrik?

5 Manfaat Utama Puasa Arafah, Salah Satunya Menghapus Dosa-dosa

Rabu, 18 Oktober 2023 | 10:24 WIB
header img
Manfaat melakukan puasa arafah. Foto: iNewsNganjuk.id/Ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id, -Puasa Arafah adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Puasa ini dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah, yaitu pada hari Arafah. 

Puasa Arafah memiliki banyak manfaat, dan beberapa hadist yang merincikan manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Pengampunan Dosa

Salah satu manfaat utama puasa Arafah adalah pengampunan dosa. Dalam hadis riwayat Abu Qatadah, Rasulullah SAW bersabda: "Puasa Arafah dapat menghapus dosa-dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang." (HR. Muslim)

2. Pahala yang Besar

Puasa Arafah memberikan pahala yang besar. Rasulullah SAW juga bersabda: "Tidak ada hari di mana Allah membebaskan hamba-hamba-Nya dari neraka lebih banyak daripada hari Arafah." (HR. Muslim)

3. Kesempatan untuk berdoa

Hari Arafah adalah hari di mana jutaan jamaah haji berkumpul di Arafah untuk berdoa. Bagi mereka yang tidak dapat pergi haji, puasa Arafah memberikan kesempatan untuk berdoa dan memohon kepada Allah.

4. Mengikuti Sunnah Nabi

Rasulullah SAW sendiri menjalankan puasa Arafah, dan dengan mengikuti sunnah beliau, kita mendapatkan manfaat spiritual dan pahala. Ini mencerminkan pengabdian kepada agama Islam dan keteladanan Nabi.

5. Menghapus Dosa-dosa

Puasa Arafah juga dapat menghapus dosa-dosa kecil, sehingga seseorang bisa memulai lembaran baru dengan hati yang bersih. Rasulullah SAW bersabda: "Puasa Arafah menghapus dosa-dosa satu tahun sebelumnya dan satu tahun yang akan datang." (HR. Muslim)

Nah, jadi sudah diketahui tentang beberapa manfaat dari melakukan puasa arafah termasuk juga dalam sunnah nabi. Semoga bermanfaat bagi semuanya.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut