get app
inews
Aa Read Next : 20 Ucapan Selamat Idul Fitri dalam Bahasa Arab Lengkap dengan Artinya

Jazakallah Khairan Katsiran, Ungkapan Syukur dan Cara Menjawabnya

Sabtu, 18 November 2023 | 13:34 WIB
header img
Ungkapan rasa syukur dan cara menjawab. Foto: iNewsNganjuk.id/Ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Dalam kehidupan sehari-hari umat Islam, seringkali kita mendengar ungkapan Jazakallah Khairan Katsiran. Ungkapan ini bukan hanya kata-kata sopan, tetapi juga mengandung makna yang dalam. Mari kita eksplorasi arti dari ungkapan ini dan cara yang tepat untuk menjawabnya.

Ungkapan Jazakallah Khairan Katsiran berasal dari bahasa Arab. Secara harfiah, Jazakallah bermakna Allah memberi balasan, Khairan berarti kebaikan, dan Katsiran artinya banyak atau secara berlimpah.Jadi, secara keseluruhan, ungkapan ini dapat diterjemahkan sebagai Semoga Allah memberi kebaikan yang banyak.

Ungkapan ini mencerminkan rasa terima kasih dan penghargaan yang mendalam. Saat seseorang mengucapkan Jazakallah Khairan Katsiran, mereka mengakui bantuan, kebaikan, atau doa yang diterima dari orang lain. Selain sebagai bentuk sopan santun, ungkapan ini mencerminkan sikap rendah hati dan kesadaran akan nikmat yang diberikan Allah melalui perantara manusia.

Cara Menjawab Jazakallah Khairan Katsiran

1. Wa Iyyakum atau Wa Antum Fa Jazakumullahu Khairan

Ungkapan umum untuk menjawab adalah dengan mengatakan Wa Iyyakum, yang berarti Dan semoga juga untukmu. Alternatifnya, bisa juga menggunakan ungkapan Wa Antum Fa Jazakumullahu Khairan, yang berarti Dan semoga Allah memberi balasan yang baik kepada kalian.

2.Menerima dengan Rasa Syukur

Anda juga dapat menjawab dengan merespon positif, misalnya dengan mengatakan Syukron atau Terima kasih, sebagai tanda bahwa anda menghargai doa atau kebaikan yang telah diterima.

3.Doa Balasan yang Baik

Berikan doa yang baik untuk orang yang memberikan kebaikan. Misalnya, "Semoga Allah juga memberikan kebaikan yang berlimpah untukmu."

4.Sikap Rendah Hati

Sikap rendah hati sangat penting. Hindari menyebutkan perbuatan baik yang telah Anda lakukan, dan fokus pada ungkapan syukur dan doa balasan yang baik.

Ungkapan Jazakallah Khairan Katsiran adalah cara indah untuk menyampaikan rasa terima kasih dan mengakui kebaikan yang diterima dari sesama. Menjawabnya dengan sikap positif dan doa yang baik mencerminkan nilai-nilai Islam yang mendorong kerjasama, rasa syukur, dan sikap rendah hati dalam kehidupan sehari-hari.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut