get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Kurir Narkoba di Nganjuk: Ribuan Pil Koplo dan Sabu Disita Polisi

5 Tugu di Nganjuk yang Dijadikan Ikon Daerah, Nomor 3 Anggarannya Rp191 Juta

Minggu, 26 Februari 2023 | 18:50 WIB
header img
Tugu Bawang Merah Kabupaten Nganjuk. Foto : iNewsNganjuk.id/Sherly

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Selama dua tahun terakhir ini, pemerintah daerah Nganjuk gencar membangun tugu-tugu sebagai ikon daerah.

Keberadaan setidaknya 7 tugu baru, yang dibangun menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah. Fungsi dari tugu tersebut adalah untuk mempercantik tata kota Nganjuk.

Berikutnya 5 tugu yang menjadi ikon daerah di Nganjuk.

1.Tugu jayastamba

Jayastamba berarti kemenangan yang tertulis pada prasasti jayastamba bahwa Nganjuk berdiri pada 10 April 1937, jadi jayastamba merupakan salah satu prasasti yang bersejarah di Nganjuk. Prasasti jayastamba dijadikan tugu yang berada di Jalan Ahmad Yani.

Anggaran untuk pembuatan tugu jayastamba menghabiskan anggaran Rp28 miliar, hal itu menjadi pendukung proyek kawasan ekonomi Nganjuk.

2.Tugu Pecel

Selain terkenal di daerah Madiun, pecel juga menjadi makanan khas Nganjuk. Terlebih banyak dijumpai di Kertosono, sehingga Pemkab berinisiatif membuat tugu pecel yang berada di perempatan Jalan Surabaya.

Secara spesifik bentuk dari tugu ini sama seperti nasi pecel yang diwadahi pincuk. Namun beberapa waktu lalu, bentuk dari tugu tersebut banyak menuai kritik dari para netizen sehingga ada renovasi terkait bentuknya. Anggaran pembuatan tugu ini mencapai Rp60 juta.

3.Tugu bawang merah 

Nganjuk yang merupakan salah satu sentra bawang merah di Indonesia, menjadi tugu bawang merah ini sangat pas berada di Nganjuk. 

Tugu tersebut berlokasi di Jalan Mastrip Kecamatan Sukomoro. Pada saat malam hari tugu ini terlihat sangat bagus karena terdapat tulisan Nganjuk yang menyala. Membutuhkan anggaran sebesar Rp191 juta.

4.Tugu Keris

Tugu ini juga merupakan ikon daerah Nganjuk, tugu ini berada di perempatan pasar Brebek. Terletak di Kecamatan Brebek dikarenakan menilik dahulunya daerah ini dikenal sebagai empunya pembuat keris di zaman Belanda.

Dalam masa pembuatan tugu ini sempat mencuri perhatian warga dikarenakan anggaran yang dihabiskan mencapai Rp77 juta.

5.Tugu daun tembakau

Tugu ini berada di daerah Lengkong yang terkenal wilayah tembakau. Bentuk tugu ini menjulang tinggi disertai replika daun tembakau yang ada di atas tugu.

Ada empat lembar daun tembakau yang terpasang di atas tugu, jika ingin melihat tugu ini bisa datang ke perempatan Lengkong. Dana yang dibutuhkan dalam pembuatan tugu ini sebesar Rp73.3 juta.


Itulah sebagian tugu yang menjadi ikon daerah di Nganjuk.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut