get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Nganjuk Pantau Kesiapsiagaan dan Kesehatan Petugas Pengamanan Kotak Suara Pemilu di PPK

5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Gula Darah

Kamis, 09 Maret 2023 | 15:24 WIB
header img
Manfaat daun kelor untuk kesehatan salah satunya menurunkan gula darah, foto : iNewsNganjuk.id/Meita

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Daun kelor atau Moringa oleifera dikenal sebagai tanaman yang punya segudang manfaat. Daun yang sudah lama digunakan sebagai obat tradisional ini baik untuk mencegah kanker dan menjaga tekanan darah.

Daun kelor sendiri kaya akan kandungan yang baik untuk kesehatan seperti antioksidan dan berbagai nutrisi. Selain itu daun kelor mengandung banyak vitamin dan mineral, diantaranya Vitamin B6, Vitamin B2, Vitamin C, Vitamin A, zat besi dan Magnesium.

Satu mangkuk daun kelor dengan kisaran 21 mengandung protein nabati sebanyak 2 gram. Untuk mengambil manfaat nya dengan membuat daun kelor menjadi jamu, teh herbal, hingga suplemen dan bisa juga dijadikan bahan masakan ataupun sayur mayur.

Berikut sederet manfaat daun kelor untuk kesehatan

1. Mencegah kanker

Duan kelor yang mengandung antioksidan dan potasium tinggi. Kandungan ini dapat membunuh sel yang telah mati dalam tubuh dan mencegah tumbuhnya sel kanker. Karena kandungan antioksidannya mampu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

2. Menurunkan gula darah

Manfaat daun kelor untuk penderita diabetes berasal dari senyawa Quercetin yang merupakan antioksidan yang membantu menurunkan tekanan darah, dan antioksidan lain yaitu asam klorogenik yang menstabilkan kadar gula darah.

Asam klorogenik yang ditemukan pada daun kelor dapat membantu tubuh memproses gula lebih baik dan mempengaruhi insulin. Selain itu sifat antibiotik dan antibakteri pada daun kelor juga dapat membantu mencegah gangguan pencernaan.

Dalam Sebuah penelitian yang melibatkan 6 penderita diabetes, setelah menambahkan 50 gram daun kelor pada makanan mereka banyak perubahan yang terjadi. Kadar gula menurun hingga 21%.

3. Mengurangi peradangan

Peradangan adalah respon alami tubuh terhadap infeksi ataupun cidera. Merupakan mekanisme perlindungan yang penting tetapi dapat menjadi masalah kesehatan jika terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama. Daun kelor ini juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan.

Para ilmuwan percaya bahwa isothiocyanate adalah senyawa anti inflamasi utama pada daun kelor. Daun kelor mengurangi peradangan dengan menekan enzim peradangan dan protein dalam tubuh dan konsentrat pada daun kelor dapat secara signifikan menurunkan peradangan dalam sel.

4. Menangkal radikal bebas

Antioksidan adalah senyawa yang bertindak melawan radikal bebas dalam tubuh anda. Kadar radikal besar yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Daun kelor merupakan tanaman yang mengandung senyawa antioksidan.

Selain vitamin C dan beta karotin daun kelor memiliki kandungan Quercetin yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

5. Meningkatkan produksi ASI

Manfaat lain dari daun kelor ini yakni bisa meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Dalam sebuah studi menyebutkan konsumsi daun kelor dapat meningkatkan produksi ASI pada hari keempat sampai kelima setelah ibu melahirkan.

Tidak hanya dari segi kuantitas, konsumsi makanan yang mengandung daun kelor juga dapat meningkatkan Kuala ASI khususnya jumlah protein yang terkandung dalam ASI.

Nah itulah berbagai manfaat daun kelor yang baik untuk kesehatan. Namun alangkah baik nya anda harus tetap berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan daun kelor aman untuk kondisi kesehatan anda.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut