get app
inews
Aa Read Next : 10 Manfaat Daun Pisang dalam Kehidupan, Nomor 2 Tidak Banyak yang Tahu!

Simak Cara Umum Mengolah Bunga Lawang, Terapkan dengan Benar!

Selasa, 14 November 2023 | 09:44 WIB
header img
cara umum pengolah bunga lawang. Foto: iNewsNganjuk.id/Ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id, -Bunga lawang atau juga dikenal sebagai bunga cengkeh adalah bunga yang digunakan dalam industri rempah-rempah. Bunga lawang berasal dari pohon cengkeh (Syzygium aromaticum) yang tumbuh di beberapa wilayah tropis. Bunga lawang memiliki aroma yang khas dan digunakan dalam masakan sebagai bumbu atau rempah, terutama dalam masakan kari dan hidangan daging. Selain digunakan sebagai rempah, bunga lawang juga memiliki sifat-sifat obat tradisional dan digunakan dalam pengobatan herbal untuk berbagai tujuan.

Berikut adalah cara umum mengolah bunga lawing.

1. Pengeringan

Pilih bunga lawang yang segar. Biasanya, bunga lawang yang telah matang dengan warna merah akan lebih baik.Potong batang bunga lawang sekitar 2-3 cm dari bunga.Letakkan bunga lawang yang telah dipotong di bawah sinar matahari atau dalam oven dengan suhu rendah. Proses pengeringan ini bisa memakan waktu beberapa hari.Pastikan bunga lawang benar-benar kering dan tidak lembab sebelum digunakan.

2. Penyimpanan

Simpan bunga lawang yang sudah kering dalam wadah kedap udara untuk menjaga kesegaran dan aroma.Hindari paparan sinar matahari langsung dan udara lembap yang dapat merusak kualitas bunga lawang.

3. Penggunaan

Bunga lawang yang sudah kering dapat digunakan sebagai bumbu dalam masakan seperti sup, saus, dan rempah-rempah kering.Biasanya, satu atau dua bunga lawang kering cukup untuk memberikan aroma dan rasa pada hidangan.

Jika Anda ingin menggiling bunga lawang menjadi bubuk, Anda dapat menggunakan alat penggiling rempah atau mortar dan pestle. Gunakan bubuk bunga lawang sesuai kebutuhan dalam resep masakan Anda.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut