get app
inews
Aa Read Next : Sederet Tips Sederhana Atasi Depresi, Bisa Dilakukan Setiap Hari

6 Kelebihan Orang Introvert, Salah Satunya Kesehatan Mental Terjaga

Jum'at, 10 Maret 2023 | 11:32 WIB
header img
Kelebihan orang introvert salah satunya menjaga kesehatan mental. Foto: iNewsNganjuk.id / ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Introvert adalah orang yang mendapatkan energi untuk menghabiskan waktu sendirian. Dan hal berikut lah yang mendapatkan kesalahpahaman dari masyarakat bahwa orang Introvert merupakan orang yang anti sosial.

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa pemilik kepribadian introvert membutuhkan waktu yang lebih lama dalam memproses informasi dibandingkan dengan orang yang ekstovert.

Disisi negatif orang yang introvert ini mereka cenderung tidak percaya diri, suka menyendiri, pesimis, takut untuk berpendapat, rasa ketakutan yang tinggi dan tidak berani tampil di depan umum.

Namun disisi lain ternyata orang introvert memilik kelebihan yang jarang diketahui banyak orang.

Berikut sederet kelebihan orang Introvert

1. Lebih Berfikir Kreatif

Seorang introvert cenderung menghabiskan waktu dengan dirinya sendiri. Menyendiri inilah kemudian kemudian mereka menghasilkan sesuatu yang kreatif.

Fantasi dan imajinasi inilah yang mendorong orang Introvert memiliki ide kreatif lebih tinggi dibandingkan orang yang ekstovert.

2. Penulis yang baik

Orang introvert ini cenderung lebih diam dan menyendiri, orang-orang introvert ini lebih cenderung mengekpresikan diri mereka dalam tulisan. Orang-orang introvert ini dapat menuangkan ide-ide mereka dalam tulisannya.

3. Kesehatan mental terjaga

Seseorang introvert ini juga memiliki keunggulan dalam kesehatan mental mereka. Jika orang lain berlomba-lomba untuk menonjolkan diri  dan mendapatkan pengakuan, orang Introvert tidak memiliki hal yang seperti ini, cenderung lebih cuek dan tidak memikirkan hal-hal semacam itu.

Dan inilah yang membuat kesehatan mental terjaga, karena orang Introvert tidak memusingkan segala perlombaan duniawi. Karena orang Introvert lebih fokus ke tujuannya sendiri dari pada mengemis pengakuan dari orang lain

4. Sebagai Pendengar yang Baik

Orang introvert yang memiliki pribadi yang tenang, maka mereka bisa menjadi pendengar yang baik. Mereka cenderung hati- hati dalam menerima sebuah informasi, mencerna dan memberikan jawaban yang bijaksana.

Bahkan menurut studi dari Harvard Busines School menemukan bahwa orang introvert dapat menjadi pemimpin yang baik dari pada orang ekstovert karena cenderung mendengarkan dan memproses ide-ide dari tim dengan baik.

5. Teman yang baik

Orang introvert adalah orang yang sangat setia, penuh perhatian dan dapat dipercaya. Karena sebab itu orang Introvert merupakan teman yang baik. Jika anda mempunyai teman yang mempunyai sifat introvert anda bisa dibilang beruntung. Karena tidak semua orang bisa berteman dengan orang Introver.

6. Berpikir sebelum berbicara

Orang introvert tidak begitu suka berbicara atau cerewet, mereka lebih suka mendengarkan. Jika mereka terpaksa berbicara mereka akan benar-benar memikirkan dulu apa yang akan dibicarakan.

Mungkin mereka tidak banyak bicara namun kalimat yang dikeluarkan biasanya lebih bermakna dan dalam.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut