get app
inews
Aa Read Next : Mengatasi Kantuk Berlebih: Penyebab, Dampak, dan Solusi

Sederet Tips Sederhana Atasi Depresi, Bisa Dilakukan Setiap Hari

Selasa, 14 Maret 2023 | 10:38 WIB
header img
Depresi merupakan sebuah kondisi berupa penurunan ataupun piningkatan suasana hati. Foto : iNewsNganjuk.id/ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id, Depresi itu sendiri adalah sebuah kondisi berupa peningkatan atau penurunan suasana hati seseorang. Atau bisa juga disebut dengan gangguan suasana hati.

Depresi yang terjadi pada setiap individu ada yang berbeda-beda. Untuk depresi ringan bisa terjadi dalam jangka waktu yang pendek maupun panjang. Adapun jenis depresi berat disebut juga gangguan bipolar.

Sering kali gejala depresi tidak disadari oleh  penderitanya. Hal ini dapat menyebabkan gejala pada penderita depresi semakin hari semakin memburuk. Banyak penderita depresi tidak tahu bagaimana cara mereka bangkit dari depresinya.

Nah berikut beberapa cara agar kita bisa bangkit dari depresi


1. Lakukan olahraga ringan 

Olahraga dan kegiatan fisik dapat menurunkan gejala depresi dan meningkatkan energi. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa olahraga sama efektifnya dengan pengobatan untuk menghilangkan gejala depresi. Lakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan maupun lari-lari kecil di kompleks rumah anda.


2. Mendengarkan musik

Sebuah penelitian menunjukkan musik bisa menjadi cara yang bagus untuk mengatasi gejala depresi dan dapat meningkatkan suasana hati. Musik sendiri juga dapat membantu anda memperkuat penerimaan energi positif. 

3. Mencari teman mencurahkan isi hati

Apabila anda lagi terpuruk jangan sendirian, carilah teman untuk mengobrol mencurahkan isi hati anda. Anda dapat berbagi cerita dengan keluarga ataupun saudara dekat yang anda percaya. Luapkan semua permasalahan yang sedang terjadi dengan begitu perasaan menjadi lebih lega.


4. Habiskan waktu di ruang terbuka

Menghabiskan waktu di ruang terbuka ataupun di alam bebas dapat merubah suasana hati seseorang. Apabila anda merasa sedang depresi, luangkan waktu berjalan-jalan di alam terbuka maupun di taman sekitar anda. 


5. Berpikir positif

Cara mengatasi depresi juga bisa dengan mencegah setiap pikiran negatif yang datang menggunakan logika. Hal itu akan membantu untuk bertoleransi dan mengatasi perilaku untuk lebih positif dan sehat.

6. Coba sesuatu yang baru

Melakukan kegiatan yang baru ketika kamu mulai depresi dapat mencegah terjadinya depresi. Penelitian menunjukkan hal-hal yang baru bisa bermanfaat meningkatkan kondisi fisik dan mental. Melakukan hal baru akan membuat anda tertantang dan meningkatkan hormon dopamine yang berkaitan dengan rasa senang atau kenikmatan.

7. Memiliki buka harian 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa membuat jurnal dapat menjadi sebuah metode yang efektif untuk mengelola kondisi kesehatan mental. Maka pertimbangan untuk menulis atau membuat jurnal tentang apa yang anda alami. Anda dapat menulis selama beberapa menit dalam sehari.

8. Hindari Stres 

Stres dan depresi sangat terkait erat. Orang yang mengalami stres kronis beresiko tinggi mengalami depresi.

Untuk menghindari stres lakukan langkah sederhana berikut:
- cukup tidur dan istirahat
- belajar mengatakan tidak untuk tuntutan tambahan
- berlatih pernapasan dan meditasi
- istirahat kerja
- berolahraga secara teratur

Nah mulai sekarang ubah lah kualitas hidup anda dengan mencoba rutin tips-tips diatas. Mendapatkan hidup yang berkualitas akan memastikan anda mendapat kesehatan mental dan fisik yang sehat.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut