get app
inews
Aa Read Next : 10 Penyebab Anak Alami Gangguan Mental, Salah Satunya Trauma dan Pelecehan

8 Cara Atasi Nyeri Haid Tanpa Konsumsi Obat

Rabu, 15 Maret 2023 | 14:31 WIB
header img
Cara mengatasi nyeri haid pada wanita saat menstruasi. Foto : iNewsNganjuk.id/ Meita

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Nyeri Haid dalam dunia medis disebut dismenore yakni keluhan umum yang dialami oleh wanita saat haid atau datang bulan. Nyeri ini biasanya dirasakan pada saat awal menstruasi, tepatnya dibagian perut bawah.


Nyeri ini bisa ringan dan tidak mengganggu, hingga terasa berat sampai tak tertahankan sampai pingsan. Sehingga hal tersebut bisa mengganggu kegiatan sehari-hari.


Selama menstruasi rahim akan berkontraksi sehingga membantu pengeluaran lapisan. Ada zat kimia prostaglandin yang membuat rasa sakit dan memicu kontraksi otot rahim. Jumlah prostaglandin yang tinggi dapat menyebabkan nyeri haid berlebih.


Nah karena nyeri haid yang berlebih dapat mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Berikut cara mengatasi nyeri haid yang bisa anda coba di rumah tanpa konsumsi obat : 


1. Kompres hangat 

Memberikan kompres hangat di area perut dan area punggung dapat meredakan nyeri. Kompres hangat dapat meningkatkan aliran darah, menurunkan ketegangan otot, dan dapat mengurangi rasa nyeri. 


Gunakan bantal hangat yang di isi air hangat  lalu tempelkan di area perut maupun punggung. Apabila anda tidak mempunyai bantal hangat bisa gunakan kain atau handuk yang dicelupkan ke air hangat lalu kompres ke bagian perut anda. 


2. Pijat bagian perut dengan minyak esensial

Anda bisa mengurangi rasa nyeri haid dengan memijat perut anda secara perlahan dengan minyak esensial. Sebuah penelitian menemukan pijatan memakai campuran minyak esensial bisa mengurangi kram perut. Beberapa jenis minyak esensial yang digunakan seperti minyak lavender, mawar, kayu manis, cengkeh dan lainnya.

Caranya campur minyak esensial dengan minyak kelapa. Campuran ini bisa bekerja dan menyebarkan manfaat minyak ke area yang lebih luas. Setelah di campurkan oles dan lakukan pijatan secara pelan-pelan ke area perut.


3. Perbanyak minum air putih

Cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih. Minum air hangat dapat membantu meredakan kram, yang berkerja untuk meningkatkan aliran darah di sekitar kulit serta melemaskan otot -otot yang kram. 

Selain air putih anda juga dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh anda dengan mengkonsumsi jenis buah-buahan atau makanan yang mengandung banyak air seperti timun, semangka, melon, daun selada dan beri-berian.

4. Konsumsi Kunyit

Kurkumin yakni bahan kimia alami yang ada terkandung dalam kunyit, dapat membantu meredakan nyeri haid.

Kunyit diyakini ampuh dalam mengatasi rasa nyeri berupa ke otot pada perut, karena kandungan kurkuminnya dapat menghambat produksi prostaglandin yang berlebih yang ada dalam rahim.

Mengkonsumsi olahan kunyit terlalu banyak untuk obat nyeri haid tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan terserang penyakit maag dan sakit perut.


5. Lakukan olahraga ringan 

Pasti anda akan merasa malas untuk berolahraga saat datang bulan. Namun dengan berolahraga atau latihan fisik, anda dapat melepas endorfin yaitu zat kimia dari dalam tubuh yang memiliki efek yang mengurangi rasa nyeri dan memicu perasaan senang. 

Lakukanlah olahraga ringan seperti jalan kaki dan latihan postur yoga yang direkomendasikan saat haid.

6. Hindari makanan tertentu

Saat mentruasi sebaiknya wanita menghindari makanan yang menyebabkan kembung dan retensi air.

Berikut beberapa makanan yang menyebabkan kembung

- makanan berlemak
- alkohol
- kafein
- minuman berkarbonasi
- makan asin

Mengurangi ataupun bahkan berhenti mengkonsumsi makanan tersebut dapat membantu mengurangi nyeri saat haid.


7. Konsumsi makanan tertentu

Menjaga ataupun mengkonsumsi makanan sehat dapat membantu dalam mengatasi nyeri saat menstruasi.

Terdapat sebuah study pada tahun 2016 sebanyak 250 wanita menemukan perbedaan signifikan antara wanita yang mempertahankan pola makanan sehat dengan yang tidak.

Diet yang diarahkan untuk mengurangi nyeri haid harus tinggi pada makanan bukan olahan, serat dan tumbuhan. Seperti pepaya, beras merah, ayam, ikan dan sayuran berdaun hijau.

8. Redakan stres psikologis

Stres sendiri merupakan kondisi emosional yang normal terhadap suatu kondisi. Sebisa mungkin kita harus meredakan stres dalam kondisi apapun. Stres psikologi dapat menambah resiko kram pada perut dan tingkat keparahan dalam menstruasi tersebut. Anda dapat mengurangi stres dengan cara jalan- jalan, meditasi ataupun melakukan hal yang disukai.


Nah itulah beberapa cara untuk mengurangi rasa nyeri pada saat anda mengalami menstruasi. Nyeri haid yang timbul sesekali bukanlah hal yang berbahaya dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Namun yang anda haru perhatikan apalagi nyeri haid datang setiap bulan dan jika kondisi tidak membaik walaupun sudah minum obat pereda nyeri. Jika hal tersebut anda alami sebaiknya anda harus konsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut