get app
inews
Aa Read Next : Doa Melepas Pakaian Lengkap dengan Hadist dan Hikmahnya untuk Tingkatkan Kesadaran Spiritual

7 Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan Tubuh

Rabu, 22 Februari 2023 | 11:55 WIB
header img
Buah alpukat adalah buah yang mengandung banyak vitamin dan manfaat nya bagi tubuh. Foto : iNewsNganjuk.id/meita

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Buah alpukat banyak ditanam di wilayah Nganjuk. Ternyata, buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah yang satu ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang tinggi, seperti mineral, antioksidan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit.

Manfaat dari alpukat untuk kesehatan dan kulit kamu bisa mengkonsumsinya setiap hari. Sedangkan untuk kulit wajah bisa digunakan sebagai masker.

Nah berikut ini 7 manfaat dari buah alpukat yang perlu anda ketahui

1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan lemak tak jenuh yang ada dalam buah alpukat bisa mengurangi kolesterol jahat yang ada di tubuh kita. Kelebihan kolesterol jahat dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit jantung.

Jika kolesterol terjaga maka resiko terkena penyakit jantung lebih sedikit. Tidak hanya kandung lemak tak jenuh saja, kandungan mineral dan air yang terkandung dalam buah alpukat juga berperan penting untuk  menutrisi tubuh.

2. Menjaga kesehatan mata

Mengkonsumsi buah alpukat secara rutin dapat menjaga kesehatan mata. Karena alpukat memiliki antioksidan yang tinggi dan mampu mencegah kerusakan mata karena sinar UV.

Buah alpukat juga memiliki manfaat yang dapat mencegah penyakit gangguan penglihatan yang sering dialami oleh orang tua.

3. Menjaga kelembaban kulit wajah

Alpukat yang banyak mengandung vitamin A, D, dan E serta banyak mengandung lemak baik, alpukat terbukti menghidrasi   kulit sehingga dapat melembutkan kulit wajah.

Selain itu memakai alpukat buat masker wajah bisa menghindari pengrusakan karena paparan dari sinar UV.

Asam oaleat dan linoleat di dalam alpukat bisa menyembuhkan dan memperbaiki kulit. Bagi kalian yang menginginkan kulit wajah lembab tidak kering bisa menggunakan masker dari alpukat.

4. Dapat menurunkan resiko terkena kanker

Buah yang satu ini sangat kaya dengan vitamin dan lemak baik untuk tubuh. Selain lemak sehat juga mengandung asam folat. Dari berbagai study asam folat mampu melindungi tubuh dari mutasi DNA yang tidak diinginkan. Alpukat sendirian berperan  sebagai pengobatan kanker.

Hal ini disebabkan karena fitokimia pada buah alpukat dapat menghambat pertumbuhan prakanker dan kanker, dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Karena sebab itu alpukat mampu melindungi tubuh dari berbagai sel kanker.

5. Dapat menurunkan depresi

Alpukat yang banyak mengandung folat dapat membantu mengurangi resiko depresi . Karena folat sendiri bisa mencegah penumpukan homosistein, yaitu zat yang dapat mengganggu sirkulasi dan transportasi nutrisi ke otak.

Seseorang yang kelebihan homosistein dapat mengalami gangguan serotonin, dopomin, dan norepinefrin yang mengatur suana hati, tidur dan nafsu makan.

6. Mencegah sembelit

Sembelit disebabkan karena kurangnya asupan serat dalam tubuh. Untuk mengatasi kondisi tersebut anda bisa memperoleh asupan serat dari buah alpukat.

7. Membantu mengendalikan tekanan darah

Selain mengandung lemak baik dan banyak serat, alpukat juga mengandung kalium. Jenis mineral ini dapat membantu mengendalikan tekanan darah dan mencegah tekanan darah tinggi. Kalium juga baik untuk mengatur detak jantung agar tetep normal.

Itulah beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh anda. Selain mengkonsumsi buah alpukat setiap hari untuk menjaga agar tubuh tetep sehat dan segar bisa dengan olahraga teratur dan mengkonsumsi vitamin agar imun dalam tubuh kita tetep terjaga.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut