get app
inews
Aa Read Next : HMI Kediri Tolak Kampanye Hitam, Ajak Para Mahasiswa Jaga Integritas dan Ketertiban Pemilu 2024

Mau Mahasiswa Akademis Atau Mahasiswa Organisatoris? Begini Kiat Menjadi Mahasiswa Unggulan

Sabtu, 25 Februari 2023 | 12:25 WIB
header img
KegiatanMahasiswa STKIP Nganjuk di kampus. Foto : iNewsNganjuk.id/Agus

NGANJUK,iNewsNganjuk.id - Bagi kaum mahasiswa, sebutan akademis dan organisatoris sudah tidak asing lagi diperbincangkan. Di mana seorang mahasiswa sudah beralih dari jenjang siswa ke jenjang mahasiswa yang sudah mempunyai tugas dan peran yang sangat berpengaruh baik di dalam lingkungan kampus atau masyarakat sekitar.

Oleh karena itu, seorang mahasiswa disebut sebagai agen of change (Agen Perubahan) yang mana mereka adalah kumpulan dari para mahasiswa yang memiliki tanggung jawab untuk membawa perubahan bagi lingkungan kampus, masyarakat dan mahasiswa lainnya. Selain membawa perubahan bagi lingkungan sekitar mahasiswa juga harus memiliki kepekaan yang tinggi terhadap sosial. Karena, seorang mahasiswa menjadi jembatan penghubung antara masyarakat dengan pemerintah. Artinya bahwa peran mahasiswa sangatlah besar dalam berbagai aspek.

Berikut ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh para mahasiswa akademis :

1.    Mampu Memiliki Nilai Yang Sangat Baik
Seorang mahasiswa akademis tak heran jika mereka mempunyai nilai yang sangat tinggi dibandingkan dengan mahasiswa lainnya. Bagi para mahasiswa akademis, nilai adalah yang paling utama dan segalanya. Oleh karena itu, para mahasiswa akademis ini rela berlomba-lomba demi mendapatkan nilai yang tinggi di kelasnya.

2.    Mempunyai Relasi Dunia Kampus Yang Lebih Luas
Dalam hal relasi di dalam dunia kampus, bagi para mahasiswa akademis memang tidak diragukan lagi. Mereka mempunyai relasi yang cukup besar di dalam kampusnya. Misalnya para dosen pengampu, dosen mata kuliah, dosen pembimbing, atau mahasiswa-mahasiswa lainnya dari semester bawah hingga semester atas.

Disisi lain dari keunggulan yang dimiliki oleh para mahasiswa akademis, terdapat juga keunggulan yang dimiliki oleh para mahasiswa organisatoris, yakni sebagai berikut :

1.    Memiliki Keterampilan Leadership
Para mahasiswa yang tergabung di dalam suatu organisasi atau mengikuti kegiatan di kampusnya pada umumnya lebih banyak melatih soft skill dalam meningkatkan kemampuan public speaking dan memiliki jiwa kepemimpinan dalam memimpin sebuah event sebagai jalannya organisasi. Serta mampu membimbing dan memotivasi sesama organisatoris lainnya.

2.    Mampu Menyalurkan Bakat dan Minat
Di dalam organisasi kampus para mahasiswa dapat menyalurkan bakat dan minat yang dimilikinya sebagai pengembangan diri dan meningkatkan kualitas diri dalam berorganisasi di dalam kampus.

3.    Mampu Mempelajari Manajemen Waktu Dengan Baik
Para mahasiswa yang tergabung di dalam suatu organisasi harus mempunyai cara yang baik dalam hal mengatur waktu untuk akademik dan juga organisasi. Karena, seringnya para mahasiswa yang berpatisipasi dalam organisasi acara kampus otomatis mengurangi waktu yang cukup banyak. Oleh karena itu, manajemen waktu bagi para mahasiswa organisatoris ini sangatlah penting dan harus diterapkan.

Itulah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh para mahasiswa akademis dan juga mahasiswa organisatoris. Sebagai rujukan atas hal tersebut, menjadi mahasiswa akademis dan mahasiswa organisatoris itu kembali kepada diri kita masing-masing.
 

Editor : Agus suprianto

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut