get app
inews
Aa Read Next : Harga Beras Naik Jadi Rp13.500 di Sejumlah Pasar di Jombang

Ribuan Siswa di Ploso Mengikuti Manasik Haji untuk Mengenalkan Ibadah Haji Sejak Dini

Kamis, 03 Agustus 2023 | 10:36 WIB
header img
Para siswa di Ploso Jombang mengikuti Manasih Haji di Lapangan Losari. Foto : iNewsNganjuk.id/Sherly

JOMBANG, iNewsNganjuk.id - Sebanyak ribuan siswa dari berbagai lintas lembaga, seperti YPIT - Robbani, KKKS SD, IGTKI, dan HIMPAUDI di kecamatan Ploso, bekerja sama dengan BMT Permata dan LAZ-UQ (Lembaga Amil Zakat Ummul Quro), menggelar kegiatan manasik haji di lapangan SDN Losari, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang pada Rabu (02/08/2023).

 

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman lebih dalam kepada siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, terutama mengenai rukun Islam, serta memotivasi mereka untuk merasa percaya diri dalam menjalankan ibadah haji.

 

Kegiatan ini berfokus pada upaya meningkatkan semangat berhaji sejak dini bagi para peserta manasik haji, yang mayoritas terdiri dari siswa Paud, TK, dan SD. Antusiasme mereka terlihat jelas ketika berkumpul di Lapangan Losari, Kecamatan Ploso, mengenakan pakaian ihram, dan dengan semangat menjalankan serangkaian rukun haji, termasuk membaca talbiyah dan kegiatan-kegiatan lain yang terkait dengan manasik haji.

 

Kegiatan manasik haji ini merupakan bagian dari agenda tahunan YPIT-Robbani, yang bertujuan untuk mengenalkan tata cara ibadah haji sebagai salah satu rukun Islam yang kelima kepada anak-anak usia dini.

 

Dalam wawancara di lokasi, Dwi Kristianingsih (32 tahun), Ketua panitia pelaksana manasik haji, menyatakan bahwa ini adalah kali kedua kegiatan manasik haji dilaksanakan dengan jumlah peserta sekitar 1.500 orang.

 

"Kegiatan manasik haji bagi siswa usia dini TK dan SD ini akan memberikan kesan mendalam dalam jiwa dan alam bawah sadar anak-anak sehingga dapat membentuk karakter yang patuh dan tunduk kepada nilai-nilai keagamaan," terang Dwi.

 

Editor : Agus suprianto

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut