get app
inews
Aa Read Next : Jeruk Purut Buah Tropis Penuh Manfaat untuk Kesehatan

3 Dampak Buruk Angin Malam bagi Kesehatan Tubuh

Jum'at, 17 Maret 2023 | 10:44 WIB
header img
Memakai jaket dimalam hari sangat dianjurkan karena dapat melindungi tubuh dari angin malam secara langsung. Foto : iNewsNganjuk.id/ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Angin malam hari sering disebut dengan angin jahat, sebenarnya itu bukanlah mitos, pada kenyataannya angin malam dapat menggangu kesehatan tubuh.

Angin malam yang secara langsung menerpa tubuh menyebabkan berbagai permasalahan pada kesehatan. Bagi yang sering berpergian pada malam hari dianjurkan untuk memakai pakaian yang tebal seperti jaket dan sweater demi menghindari terpaan angin secara langsung.

Ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh dinginnya angin malam, simak berikut ini.

1.Penyempitan saluran pernapasan

Tak hanya diterpa angin malam, menghirup dinginnya angin malam juga menimbulkan dampak bahaya bagi kesehatan tubuh. Saat kita menghirup angin malam pembuluh darah akan menyempit. Sehingga hal ini mengakibatkan sel darah putih tidak mencapai selaput lendir, akhirnya tubuh akan sulit untuk melawan infeksi.

2.Nyeri sendi

Suhu udara yang dingin saat malam hari dan menerpa tubuh dapat membuat otot dan sendi berkontraksi. Sehingga mengakibatkan rematik. Angin yang masuk kedalam pakaian akan menyebabkan kram dan nyeri pada bagian tubuh seperti pinggul, punggung, lutut serta bahu. Maka sangat dianjurkan memakai pakaian yang tebal, setidaknya dapat membantu menghalangi angin yang akan masuk ke dalam tubuh.

3.Paru-paru basah

Angin malam yang menembus masuk ke leher dan dada dapat berdampak pada saluran pernapasan. Oleh sebab itu paru paru basah dikenal sebagai penyakit yang menakutkan bagi para pengendara motor di malam hari.

Penyakit paru-paru basah dapat terjadi karena bakteri dan jamur yang dengan mudah berkembang di dalam paru-paru akibat dari embun yang terbawa dalam angin malam, sehingga meningkatkan kelembapan pada area paru-paru. Adapun gejala dari penyakit ini, seperti batuk disertai dahak, sesak nafas, sampai telapak tangan yang mengeluarkan keringat.


Nah itulah beberapa bahaya dari angin malam, jika kalian sering beraktivitas di luar saat malam hari hendaknya memakai pakaian tambahan untuk melindungi tubuh dari angin malam. Semoga informasi ini membantu .

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut