get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Kurir Narkoba di Nganjuk: Ribuan Pil Koplo dan Sabu Disita Polisi

5 Kegiatan Unik yang hanya Dilakukan saat Bulan Ramadhan, Nomor 3 Seru Banget!

Sabtu, 25 Maret 2023 | 13:54 WIB
header img
Membuat kue merupakan kegiatan yang seru dan dilakuan saat bulan Ramadhan menjelang lebaran. Foto : iNewsNganjuk.id/ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id Bulan suci Ramadhan baiknya diisi dengan kegiatan yang bermanfaat dan kegiatan positif, seperti mengaji, beribadah, dan melakukan kebaikan.

 

Selain bulan penuh makna, Ramadhan juga memiliki kesan yang membuatnya berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Ada beberapa kegiatan unik yang hanya ada pada saat bulan Ramadhan, jadi wajar saja kalau kedatangan bulan Ramadhan sangat ditunggu oleh umat beragama Islam.

 

Adapun berikut ini kegiatan unik yang hanya dilakukan saat bulan Ramadhan.

 

1.Bukber (Buka Bersama)

Setelah seharian menjalankan ibadah puasa, seluruh umat islam juga diwajibkan berbuka pada waktu yang telah ditentukan. Walaupun sebenarnya puasa tidak hanya dilakukan pada saat bulan Ramadhan, tetapi tradisi buka bersama hanya dilakukan pada bulan suci ini. Sebab itu, buka puasa biasanya dilakukan secara rame-rame atau bersama keluarga dan biasanya digunakan sebagai ajang untuk mempererat tali silahturahmi dengan teman.

 

2.Berbagi takjil

Ramadhan merupakan bulan baik serta penuh berkah. Agar bulan Ramadhan terasa semakin bermakna, sebaiknya dimanfaatkan untuk melakukan berbagai kebaikan, contohnya dengan berbagi rejeki kepada sesama berupa menu buka puasa seperti takjil atau makanan ringan.

 

Pilihan takjil untuk dibagikan juga sangat beragam, umumnya berisi satu gelas air mineral, beberapa buah kurma, jajan pasar, roti, hingga dessert yang manis. Berbagi takjil bisa dilakukan mandiri atau dengan komunitas yang kalian ikuti.

 

3.Membuat kue untuk hari raya

Hari Raya Idul Fitri sangat identik dengan menyuguhkan makanan ringan di meja, terutama kue kering, wafer dan berbagai jenis keripik. Meski zaman sudah modern, akan tetapi masih banyak orang yang melakukan tradisi membuat kue untuk hari raya homemade saat Lebaran.

 

Kegiatan ini akan terasa seru ketika kita melakukannya dengan orang terdekat seperti ibu, nenek bahkan kakak, karena buatan tangan sendiri akan memiliki cita rasa yang khas.

 

 

4.Ngabuburit

Kegiatan yang satu ini sangat identik dengan bulan puasa. Biasanya, ngabuburit dilakukan pada sore hari, menjelang waktu berbuka puasa. Kebanyakan orang melakukan ngabuburit dengan tujuan jalan-jalan, sekaligus berburu takjil.

 

5.Sahur on the road

Sahur on the road biasanya diisi dengan kegiatan berbagi menu sahur kepada sesama umat muslim yang akan menjalankan ibadah puasa. Kegiatan unik yang ini bisa menjadi rekomendasi kegiatan yang memiliki banyak manfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

 

Nah, itulah kegiatan unik yang hanya dilakukan pada saat bulan Ramadhan. Semoga bisa menjadi rekomendasi kegiatan untuk mengisi hari-hari kalian selama bulan Ramadhan ini.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut