get app
inews
Aa Read Next : Berbakti kepada Orang Tua, Nilai Mulia dalam Kehidupan

5 Ciri-Ciri Anak Kecanduan Gadget, Orang Tua Harus Waspada!

Jum'at, 05 Mei 2023 | 11:18 WIB
header img
Anak yang bermain handphone terus menerus akan kecanduan. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Gadget di era seperti ini tentu tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Hati- hati untuk para bunda jika anak anda terus menerus main Gadget setiap hari.

Gadget sendiri sebenarnya tidak sepenuhnya buruk jika kita tahu untuk kepentingan anak. Anak bisa belajar, mencari informasi, bahkan untuk memberikan hiburan kepada anak sendiri. Numun, orang tua harus terus mengawasi anak dalam memainkan gadget.

Jika anak memainkan handphone setiap hari dan terus menerus, anak akan kecanduan. Maka kita sebagai orang tua bisa mengetahui ciri-ciri anak kecanduan handphone atau gadget.

Nah berikut ciri - ciri anak kecanduan handphone

1. Anak akan mudah tantrum

Jika anak terus-terusan memainkan handphone dan pada akhirnya kecanduan maka anak akan mudah tantrum. Tantrum sendiri adalah cara anak meluapkan emosinya dengan marah- marah.

Ledakan emosi yang ditunjukan itu karena anak terus-terusan ingin bermain handphone. Jika anak dilarang atau disuruh untuk berhenti anak akan meluapkan emosinya dengan marah-marah bahkan sampai mengamuk.

2. Anak akan susah untuk makan

Jika anak terus-terusan dan asyik main handphone atau Gadget anak akan susah disuruh untuk makan. Karena anak lebih asyik dengan gadgetnya sehingga tidak mau makan.

Anak harus kita paksa dahulu baru mau makan. Makan pun akan harus disuapi dan anak akan tetap maminkan handphonenya. Ini akan berdampak buruk untuk anak kita.

3. Berbicara bahasa alien

Jika anak sudah kecanduan handphone dan  sudah tidak bisa dilarang. Lama kelamaan anak kita akan berbicara dengan bahasanya sendiri atau bahasa alien.

Jika kita mengobrol dan anak sudah berbicara menggunakan bahasa alien kita yang diajak sebagai lawan bicaranya tidak akan tau apa yang dibicarakan oleh anak. Anak sendirilah yang tau dengan bahasanya itu.

4. Tidak merespon jika dipanggil

Jika anak sudah kencanduan dan lebih fokus dengan handphone nya. Jika kita membutuhkan dia dengan memanggilnya anak tidak akan merespon panggilan kita.

Anak akan lebih asyik dengan handphonenya dari pada kita. Terlebih kita harus berteriak dahulu baru anak akan mendengarkan kita.

5. Anak terkunci dan tenggelam dengan dunianya sendiri

Jika anak sudah kecanduan handphone dia akan asyik dengan dunianya sendiri. Dia tidak akan tau dengan dunia luar. Bahkan dia tidak akan peduli dengan lingkungan sekitar, dan anak tidak akan mau bermain keluar rumah bersama teman-temannya. Karena anak sudah terkunci dan membentuk dunianya sendiri.

Nah bunda jika anak kita sudah memiliki ciri- ciri diatas. Bunda harus benar- benar mencegah dan mengawasi anak dalam penggunaan Gadget. Atur waktu pada anak untuk menggunakan handphone, misalnya beri waktu satu jam untuk anak bermain handphone. 

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut