get app
inews
Aa Read Next : Petani Tebu Nganjuk Mengadu ke Ganjar Ada “Tikus”

Catat ! 12 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah tanpa Gunakan Racun, hanya Pakai Bahan Alami

Kamis, 18 Mei 2023 | 16:07 WIB
header img
Cara basmi tikus yang ada dalam rumah kita, salah satu cara dengan memasang perangkap. Foto: iNewsNganjuk.id/ Meita

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Tikus merupakan hewan pengerat yang sangat menggangu dan berbahaya. Kehadiran hewan yang satu ini mengganggu kenyamanan seisi rumah. Apalagi jika populasi nya sudah banyak.

Selain dapat membuat rumah menjadi kotor dan bau, tikus juga dapat merusak perabotan yang ada dirumah anda selain itu dapat membawa penyakit.

Tikus dapat mengigit kabel rumah, menggigit perabotan rumah, bahkan memakan bahan makanan yang anda simpan di lemari. Selain itu hewan ini juga suka mengobrak abrik sampah yang menjadikan rumah anda kotor.

Namun mengusir hewan yang satu ini bukan lah hal yang mudah. Pasti diantara kalian selalu mencari cara bagaimana mengusir hewan pengerat yang satu ini. Cara cepat mengusir tikus ini menggunakan racun, namun jika tikus sudah mati dan tidak tahu keberadaannya bau bangkainya yang membuat seisi rumah tidak enak.

Nah berikut cara ampuh mengusir tikus tanpa menggunakan racun.

1. Gunakan larutan cabai

Gunakanlah bahan- bahan yang ada di dapur anda. Salah satunya yakni dengan menggunakan larutan cabai. Larutan cabai ini ampuh untuk mengusir tikus yang ada di rumah anda.

Cabai memiliki kandungan zat yang menimbulkan rasa pedas. Tikus jika terkena larutan cabai ini pasti tidak akan kembali lagi.

Caranya tumbuk beberapa cabai sampai halus, kemudian larutkan dengan air. Setelah itu semprotkan ke lubang ataupun tempat yang sering dilewati oleh tikus. Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan ini jauh kan dari anak-anak dan hewan peliharaan anda lainnya.
 

2. Berikan irisan bawang merah dan bawang putih

Nah bahan dapur berikutnya yang bisa anda gunakan yakni bawang merah dan bawang putih. Karena tikus tidak suka dengan bau yang dari bawang merah dan bawang putih ini.

Nah caranya anda bisa mengiris bawang putih dan bawang merah kemudian letakan pada tempat tikus biasa bersembunyi. Pasti tikus akan pergi dan tidak akan kembali ke tempat itu.

3. Gunakan kantong teh celup bekas

Bunda jika anda selesai membuat teh celup, kantong teh celup jangan cepat-cepat anda buang ke sampah. Karena kantong teh celup juga bisa digunakan untuk mengusir tikus.

Karena kantong teh celup yang memiliki kandungan peppermint, kandungan tersebut dapat membuat hidung tikus iritasi.  Caranya sangat mudah letakkan bekas kantong teh celup ketempat tikus biasa lewat, ataupun ke tempat biasa bersembunyi.

4. Gunakan soda kue

Cara lain usir tikus di rumah anda yakni gunakan soda kue. Soda kue ini ampuh untuk membunuh tikus. Jika tikus mengkonsumsi soda kue maka akan muncul reaksi gas pada lambung tikus. Hal ini dapat menyebabkan tekanan internal dan akhirnya membunuh tikus tersebut.

5. Pakai minyak peppermint

Jika di rumah anda banyak tikus bisa gunakan minyak peppermint untuk mengusirnya. Karena tikus tidak suka dan tidak tahan dengan bau peppermint.

Caranya sangat mudah ambil kapas kemudian tetesi dengan minyak peppermint setelah itu letakkan diseluruh tempat yang biasa dilewati oleh tikus. Pasti tikus tidak akan berani mendekat.

6. Pakai lada hitam

Bumbu dapur lainnya yang dapat anda gunakan untuk mengusir tikus yakni pada hitam. Karena lada hitam memiliki kandungan kandungan bahan kimia piperin yang beracun pada tikus.

Kandungan tersebut lah yang bisa membuat tikus iritasi dan baunya yang menyengat membuat tikus tidak nyaman. Caranya haluskan lada hitam kemudian taburkan ke seluruh ruangan yang menjadi sarang tikus dan yang dilalui tikus.

7. Taburkan bubuk kopi

Taburkan kopi ke area yang selalu didatangi tikus maupun tempat tikus bersembunyi. Dengan bau kopi yang menyengat tikus akan merasa tidak nyaman dan pergi menjauh.

8. Gunakan merica

Sama seperti pada hitam memberikan taburan merica di semua sudut tempat yang dilalui tikus maupun persembunyian tikus dapat membuat tikus tidak akan kembali lagi. Karena bau menyengat yang dihasilkan oleh merica tersebut.
 

9. Selalu bersihkan dan buang sisa makanan

Membersihkan sisa makanan atau bahkan membuang sisa makanan di meja ataupun di dapur dapat mengusir tikus. Karena makanan yang tertinggi sangat disukai oleh hewan pengerat yang satu ini. Jadi jika anda ingin tikus tidak berada dirumah segera cuci dan bersihkan sisa makanan anda.

10. Semprotkan minyak kayu putih

Hewan pengerat yang satu ini tidak suka dengan bau yang menyengat. Oleh karena itu bau yang kuat dan menyengat dari kayu putih ini dapat membantu anda mengusir tikus. Caranya semprotkan minyak kayu putih ketempat tikus bersarang.

11. Pelihara kucing

Jika banyak tikus di rumah anda dan sulit untuk dibasmi, maka pelihara kucing. Kucing merupakan predator dari tikus. Hewan ini akan menangkap tikus yang ditemuinya.

Namun anda tidak perlu khawatir untuk keselamatan kucing karena hewan ini belum tentu mau untuk memakannya. Jika tikus dengar suara dari kucing pasti sudah akan pergi menjauh.

12. Gunakan perangkap tikus

Nah anda bisa gunakan perangkap tikus yang dijual di pasaran. Cara ini juga merupakan cara yang praktis. Berikan umpan makanan untuk mencuri perhatian tikus sampai tikus masuk dalam perangkap. Lalu anda dapat membuang tikus tersebut jauh-jauh dari rumah anda.

Nah itulah beberapa cara mengusir hewan pengerat yang bandel tanpa menggunakan racun tikus. Gunakan cara-cara di atas agar tidak ada tikus berkeliaran di rumah anda. Selain cara diatas anda harus menjaga kebersihan rumah, agar tidak terdapat sarang tikus. Pel lantai rumah 2 hari sekali dengan pewangi.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut