get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

Kisah Pilu Bocah Penderita Tumor Mata asal Nganjuk, Kemensos Beri Bantuan Operasi Gratis

Kamis, 18 Mei 2023 | 19:03 WIB
header img
Muhammad Lutfi Iksan bocah penderita tumor mata setelah melakukan operasi gratis dan perawatan. Foto: iNewsNganjuk.id/Meita

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Muhammad Lutfi Iksan, anak penderita tumor mata asal Kabupaten Nganjuk. Akhirnya berhasil mendapatkan respon penanganan dan pendampingan operasi tumor mata dari Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Sentra Terpadu Kartini di Temanggung.

Kementerian Sosial memberikan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) yang diperlukan untuk menjalani operasi dan proses penyembuhan. Ini semua dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup anak- anak Indonesia.

Muhammad Lutfi Iksan (12), didiagnosis menderita tumor mata sebelah kanan dan memerlukan penanganan medis yang serius. Kemensos bekerja sama dengan pihak medis RSUD dr. Soetomo Surabaya dan Pemkab Nganjuk memberikan respon dengan cepat serta dukungan aksesibilitas dan fasilitas agar Iksan mendapatkan perawatan yang tepat.

Iyan Kusmadiana Kepala Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, menjelaskan Iksan menjalani operasi tumor mata di RSUD dr. Soetomo Surabaya, Jumat (12/05/2023).

"Setelah dilakukan operasi dan perawatan hari ini kami mengantar Iksan dengan  kondisinya sudah sehat dan stabil pulang ke rumahnya di Desa Sanan, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk," ungkap Iyan Rabu, (17/05/2023).

Iyan juga menjelaskan sejak pemeriksaan pada tanggal 05 Mei 2023 pihaknya selalu melakukan pendampingan. Selama proses operasi dan pemulihan, Kemensos sediakan pendampingan dan dukungan psikososial kepada Iksan dan keluarga. Untuk memastikan kesuksesan kesuksesan operasi serta pemulihan Iksan, tim medis yang kompeten dan berpengalaman memberikan perawatan secara intensif.

Iyan mengungkapkan bahwa Kementerian Sosial Indonesia terus dan akan selalu berupaya memberikan akses pelayanan kesejahteraan sosial yang kuat kepada anak-anak yang membutuhkan.

" Penanganan dan pendampingan operasi tumor mata yang dijalani Iksan Lutfi merupakan bukti nyata dari komitmen Kemensos dalam memberikn perlindungan hak-hak anak dan meningkatkan kesejahteraan mereka," ungkap Iyan.

Achmad Khoironi (53) orang tua Iksan mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian Pemerintah kepada anaknya yang   menderita tumor mata sejak usia 3 tahun. Sebenarnya sejak dahulu sudah dianjurkan  dokter untuk operasi. Namun, karena takut untuk membawa anaknya operasi dan kasihan pada anaknya, dia hanya membawa berobat tradisional.

" Karena takut untuk operasi saya hanya membawa anak berobat secara tradisional. Bukannya sembuh namun tumornya semakin membesar dan tidak bisa melihat. Alhamdulillah sekarang sudah dioperasi dan kondisinya membaik. Saya ucapan banyak terima kasih kepada Kemensos," ungkap Khoironi.

Sri Soebekti Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP3A) Kabupaten Nganjuk, mengungkapkan banyak terima kasih untuk layanan serta respon cepat dan bantuan Atensi yang telah diberikan kepada warga Kabupaten Nganjuk.

" Kemensos selalu hadir memberikan layanan kepada PPKS Kabupaten Nganjuk, kami sangat mengapresiasi atas respon cepat dari Kemensos," pungkas Sri Soebekti.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut