get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Kurir Narkoba di Nganjuk: Ribuan Pil Koplo dan Sabu Disita Polisi

Kasdim 0810/Nganjuk Buka Pembinaan Saka Pramuka Wira Kartika

Sabtu, 17 Juni 2023 | 17:25 WIB
header img
Kasdim 0810/Nganjuk Mayor (Inf) Wiyono menyematkan baret kepada Anggota Saka Wira Kartika. foto : iNewsNganjuk.id/Dok. Kodim Nganjuk.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0810/Nganjuk, Mayor (Inf) Wiyono membuka kegiatan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0810/Nganjuk, di Lapangan Asrama Kodim setempat, Sabtu pagi (17/6/2023).

Mewakili Dandim 0810/Nganjuk Letkol (Inf) Tri Joko Purnomo, Mayor Wiyono menjelaskan, Saka Wira Kartika Salah adalah satu Satuan Karya (Saka) Gerakan Pramuka  yang dibentuk melalui kerjasama antara Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka dengan TNI Angkatan Darat (AD), untuk secara khusus mengembangkan pendidikan bela negara.

"Menjadi wadah kegiatan bagi anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, dalam rangka meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat," ujar Wiyono.

Adapun tujuan pembinaan Saka Wira Kartika Nganjuk kali ini, disebut Wiyono untuk membentuk generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan.

"Dengan adanya kegiatan pembinaan Saka Wira Kartika ini, diharapkan dapat menubuhkan semangat wawasan kebangsaan serta usaha membina dan mengembangkan pendidikan bela negara dan cinta tanah air, di kalangan henerasi muda," terang Wiyono.

Selain itu, ia berharap para peserta mampu mendapatkan pengetahuan dasar kemiliteran khususnya matra darat dan penguatan pemahaman Pancasila, wawasan kebangsaan dan nilai juang 45.

"Mengingat nantinya anggota Pramuka Saka Wira Kartika selain mempersiapkan menjadi cadangan tim penanggulangan bencana, juga akan menjadi kader-kader pemimpin yang harus bisa berguna dan menjadi teladan di tempat tinggalnya masing-masing," ungkap Wiyono, merujuk amanat Dandim Nganjuk.

Adapun kegiatan diikuti sekitar 100 peserta, termasuk para Instruktur Saka Wira Kartika, Pamong Saka selaku Pembina Pendamping dari Koramil jajaran Kodim 0810/Nganjuk. 

Terlihat para peserta sangat antusias mengikuti orientasi pengenalan Saka Wira Kartika. Ini karena manfaat yang dirasakan bila mengikuti kegiatan di Saka Wira Kartika dapat meningkatkan wawasan bela negara. Sehingga, nantinya menjadi bekal dalam ketrampilan kesakaan khususnnya Matra Darat.

"Kami juga berharap seluruh rangkaian kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan berkesinambungan. Kepada adik-adik selamat mengikuti kegiatan, Salam Pramuka!" pungkas Mayor Wiyono.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut