get app
inews
Aa Read Next : Buat Kaum Adam Klepek-klepek, Ini 6 Suku di Indonesia Penghasil Wanita Cantik

Bikin Merinding, 6 Suku di Indonesia Terkenal Sakti Mandraguna dan Punya Ilmu Hitam

Minggu, 18 Juni 2023 | 10:56 WIB
header img
Suku Dayak merupakan salah satu suku di Indonesia yang terkenal dengan kesaktian dan ilmu hitamnya. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi

JAKARTA, iNewsNganjuk.id - Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnis atau suku Bangsa. Kurang lebih terdapat 1.340 suku Bangsa di tanah air. Dari setiap suku tersebut memiliki tradisi yang beragam dan keunikan tersendiri. 

Namun percaya atau tidak percaya, diantara beberapa banyak suku tersebut sangat terkenal akan kesaktiannya. Bahkan kesaktiannya ini terkenal sampai ke luar negeri. Beberapa suku - suku tersebut masih dapat kita jumpai keberadaannya.

Nah berikut 6 suku di Indonesia yang terkenal dengan kesaktiannya dan miliki ilmu hitam mengerikan:  


1. Suku Badui, Banten

Urutan pertama suku yang terkenal dengan kesaktiannya di Indonesia yakni suku Badui yang berasal dari Banten. Suku ini terbagi menjadi dua bagian yakni suku badui luar dan suku badui dalam.

Suku ini terkenal dalam hal meramal masa depan, santet, pelet, bahkan ilmu kebal senjata. Sehingga banyak orang yang berguru di daerah ini termasuk para penjahat. Suku ini dipercaya memiliki banyak mantera dan kesaktian yang tidak usah diragukan lagi. 

Suku ini mampu menaklukkan hewan buas, lebah berbahaya dan ular berbisa. Masyarakat badui juga sangat kuat berjalan kaki ratusan Kilometer di bawah terik tanpa menggunakan alas kaki. Telapak kaki mereka menjadi tebal dan kuat bahkan paku pun akan bengkok, duri pun akan patah, jika terinjak oleh kaki mereka. 

Jangankan untuk mendatangkan malapetaka untuk orang diluar suku. Orang badui sendiri dapat terkena masalah jika bertindak tidak sesuai dengan aturan adat. Jika mau kebal dengan senjata api atau senjata tajam semua ada kursusnya. Ilmu hitam suku Badui ini sangat mengerikan.

Jika ada orang badui yang melanggar adat istiadat misal naik kendaraan saat berpergian dan tidak berjalan kaki dijamin mereka akan langsung terkena sakit secara misterius. Meskipun suku Badui memiliki ilmu hitam yang mengerikan namun jika kita bersikap sopan suku Badui terkenal sangat baik dan ramah. 


2. Suku Asmat, Papua


Suku yang terkenal dengan kesaktiannya berikutnya adalah suku Asmat yang ada di Papua. Kelebihan suku Asmat ini yakni dapat menemukan barang yang hilang dan juga dapat mendatangkan hujan.

Selain itu suku ini juga dapat membuat orang sakit secara misterius, miskin mendadak dan masih banyak lagi. Sihir ini merupakan cara mereka untuk menjaga alam sekitar. 

Suku Asmat ini saat ini banyak tinggal di daerah dalam Papua. Mereka memiliki kepercayaan jika hutan-hutan yang mereka tinggali juga ditinggali oleh roh sehingga haru dijaga secara turun temurun. 


3. Suku Osing Banyuwangi


Banyuwangi sejak lama terkenal sebagai markas dukun santet. Begitu kentalnya cerita santet disana pernah terjadi tragedi santet Banyuwangi tahun 1998. Yang menghilangkan ratusan nyawa. 

Suku ini membagi santet menjadi 4 yakni santet hitam sampai musuh meninggal dunia, santet merah tidak sampai orang meninggal, santet kuning membuat orang menjadi suka, santet putih lancarkan usaha.


4. Suku Batak , Sumatera Utara


Tidak semua suku Batak di Sumatera Utara mempraktekkan ilmu hitam. Pada tahun 2006 perwakilan suku Batak dinobatkan sebagai paranormal sedunia di Jerman mengalahkan Vodo dari Haiti. 

Sampai sekarang orang suku Batak yang akrab dengan Begu Ganjang yang merupakan hantu panjang bentuknya mirip orang yang memiliki tangan dan kaki super panjang. Ada juga panghulu balang yang dijadikan hulubalang sang datu atau dukun untuk menghancurkan musuh dan makhluk gaib lainnya.


5. Suku Kajang, Sulawesi Selatan


Suku Kajang ini tinggal di pedalaman Kabupaten Bulukumba percaya jika mereka tinggal di tanah Toa atau tanah tertua yang pertama kali diciptakan oleh Tuhan di bumi. Suku ini identik dengan baju berwarna hitam sebenarnya bijak. Warna hitam yang mereka pilih melambangkan kesederhanaan, kesejahteraan, dan kematian yang sewaktu waktu bisa datang.

Meskipun mereka terlihat kalem namun ilmu 23 jam mereka bisa bikin ketakutan. Selain dapat menghilangkan nyawa juga mempraktekkan ilmu kebal dan mampu mengirim santet dari jarak jauh. Kekuatan yang diperoleh dari suku ini sudah diwariskan secara turun temurun sejak ratusan tahun silam.


6. Suku Dayak, Kalimantan Timur


Kemampuan suku Dayak dalam mengirim pelet dan guna-guna sudah menyebar kemana-mana. Salah satu ilmu magis yang paling terkenal dari suku ini adalah Mandau terbang. Senjata tradisional suku Dayak ini dapat dikendalikan dari jarak jauh. 

Senjata ini dipergunakan untuk menyerang lawan atau untuk melindungi kawan. Jadi jika mereka mempunyai musuh tidak perlu capek-capek untuk mengejar musuhnya. Karena Mandau ini bisa terbang melesat jauh sendiri untuk menghabisi musuh.

Nah itulah enam suku di Indonesia yang mempunyai ilmu hitam yang sangat mengerikan.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut