get app
inews
Aa Read Next : 8 Jenis Madu Asli Indonesia, Miliki Rasa dan Aroma yang Berbeda

Hanya Satu di Dunia! 5 Keunikan yang Dimiliki oleh Suku Jawa, Kalem dan Suka Mengalah

Selasa, 20 Juni 2023 | 17:44 WIB
header img
Suku Jawa memiliki keunikan yang berbeda dari suku lainnya salah satunya kalem dan suka mengalah. Foto: iNewsNganjuk.id/ ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Indonesia terkenal dengan banyak suku bangsa. Semua suku di Indonesia yang jumlahnya yang banyak dan beragam. Masing- masing memiliki keunikan dan kekhasannya. Tradisi budaya dan karakter setiap suku di Indonesia.

Keunikan dan kekhasannya yang beragam di berbagai suku di Indonesia inilah yang menciptakan dan membentuk keunikan dan kekhasan dari suku-suku yang ada. Dari hal inilah yang kemudian bisa dilihat kenapa suku Jawa berbeda dengan suku lainnya. Dengan beragam keunikannya ini suku Jawa bisa diterima ditempat yang mereka singgahi.

Nah berikut beberapa keunikan- keunikan suku Jawa yang dapat diterima dimanapun mereka berada.

1. Kalem dan suka mengalah

Orang Batak yang memiliki suara khas yang keras dan bernada tinggi. Berbeda dengan orang suku Jawa yang memiliki kekhasan dalam berbicara yakni dengan nada yang lemah, lembut serta santun.

Sifat inilah yang membuat orang Jawa banyak diterima di masyarakat luas. Belum lagi jika orang Jawa yang asli Solo. Maka yang kita tahu akan menobatkan sebagai orang paling lemah lembut.

Terlebih lagi perempuan solo yang terkenal sangat lemah lembut, sopan dan gemulai. Selain itu orang Jawa yang memiliki tingkat kesabaran yang hebat membuat mereka dapat sukses dimana mereka berada.

2. Ahli dalam berbaur

Pada saat orang Jawa memasuki lingkungan yang baru, mereka sebisa mungkin akan menyesuaikan dengan lingkungan barunya. Orang Jawa memiliki keahlian dalam bersosialisasi dengan lingkungan baru.

Mungkin sebagian dari kita menganggap hal ini lain dan tidak jarang membuat sebagian orang jengkel. Namun, itulah orang Jawa dengan begitu mereka akan cepat berbaur dan pada akhirnya diterima didalam masyarakat.

3. Raja sungkan dan super pemalu

Sifat orang Jawa yang satu ini terkadang membuat kita risih. Namun suka atau tidak suka sifat ini adalah bentuk implementasi dari sikap sopan dan kalem.

Sikap seperti ini hanya ditunjukkan pada saat awal perkenalan saja. Nah ketika mereka sudah akrab mereka sama seperti teman-teman yang lainnya. Namun tidak jarang ada yang konsisten dengan sikap mereka yang satu ini.

4. Sulit hilangkan logat Jawanya atau medok

Logat dari orang Jawa akan nampak pada saat mereka berbicara, apalagi jika mereka berbicara selain menggunakan bahasa Jawa. Sifat medok orang Jawa ini sulit dihilangkan.

Hal ini terjadi bukan karena mereka sudahlah terbiasa dengan sikap medoknya. Namun, struktur rongga mulut, kerongkongan serta peta pembentukan kata dan kalimat dalam kepala memiliki kecenderungan kuat untuk menghasilkan medoknya.

Karena merupakan bawaan genetik logat medok orang Jawa sulit untuk dihilangkan. Hal yang sama dapat kita jumpai pada orang India jika mereka berbicara selalu menggelengkan kepala serta mengulurkan telapak tangan.

5. Orang Jawa pintar dalam bercerita

Karakter dan keunikan orang Jawa selanjutnya yakni tabiat suka ngomong dan bercerita yang tidak ada duanya. Orang Jawa selalu senang berbicara berlama-lama.

Jika orang Jepang kerja dalam sehari 12 jam, nah kebalikannya orang Jawa bisa berbicara dalam sehari sampai 12 jam. Jadi jangan heran jika Soekarno dapat berpidato secara berlama-lama. Karena tabiat suka bicara berlama-lama diwarisi oleh ayahnya.

Bagitupun dengan tokoh-tokoh Jawa lainya yang suka berbicara secara berlama-lama.

Nah itulah beberapa ciri khas dan keunikan yang dimiliki orang Jawa.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut