get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Kurir Narkoba di Nganjuk: Ribuan Pil Koplo dan Sabu Disita Polisi

Peringati Wafatnya Bung Karno, PA GMNI Nganjuk Doa Bersama di Pendopo

Kamis, 22 Juni 2023 | 16:53 WIB
header img
PA GMNI Nganjuk saat menggelar sarasehan dan doa bersama untuk Bung Karno, di Pendopo KRT Sosro Koesoemo.Foto : iNewsNganjuk.id/Panji.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Hari wafat atau haul Presiden ke-1 RI Soekarno, 21 Juni 1970, selalu diperingati setiap tahun. Salah satunya seperti yang dilakukan Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) Kabupaten Nganjuk.

Rabu malam (21/6/2023), keluarga besar PA GMNI Nganjuk menggelar Doa Bersama untuk Bung Karno, sebutan populer Soekarno, yang dirangkai dengan Sarasehan Kebangsaan dan Doa Bersama, dengan tema "Pancasila Menjawab Tantangan Demokrasi".

Acaranya digelar di Pendopo KRT Sosro koesoemo Kabupaten Nganjuk, yang  dihadiri langsung Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, Ketua DPC PA GMNI Kabupaten Nganjuk Budi Santoso, serta sejumlah tokoh PA GMNI provinsi hingga pusat.

Ketua PA GMNI Nganjuk Budi Santoso mengatakan, peringatan wafatnya Soekarno di Bulan Juni biasa disebut Bulan Bung Karno. Dengan doa bersama dan sarasehan ini, ia berharap dapat menjadi perenungan dan meneladani semangat nasionalisme dan patriotisme Sang Proklamator

"Semangat nasionalisme harus terus digelorakan dan kita sebagai penerus perjuangan Beliau harus bisa mewarisi semangat nasionalismenya," ujar Budi Santoso, Rabu (21/6/2023).

Doa bersama ini menurut Budi juga menjadi sarana untuk mengharap keberkahan dari Allah SWT.

"Mendoakan masyarakat Kabupaten Nganjuk semakin sejahtera dan senantiasa guyub-rukun," tukasnya.

Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi menambahkan, doa bersama dan sarasehan haul Bung Karno tahun ini, adalah kali pertama diadakan di pendopo.

"Dan ini adalah kegiatan positif dan penuh makna mendalam. Tahun-tahun berikutnya Insya Allah akan rutin digelar. Semoga bisa memupuk jiwa nasionalisme, khususnya bagi masyarakat Nganjuk, seperti yang dicontohkan Bung Karno. Salah satu perwujudannya dengan ikut terlibat dalam pembangunan serta kemajuan Kabupaten Nganjuk," pungkas Marhaen Djumadi.

Editor : Agus suprianto

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut