get app
inews
Aa Read Next : Simak dan Ketahui 10 Tips Mengatasi Badan Lemas

Bawa Resep dari Jateng, Ganjar Pranowo Bekali 1.000 Pelaku UMKM Nganjuk

Jum'at, 23 Juni 2023 | 21:20 WIB
header img
Ganjar Pranowo bekali pelaku UMKM di Nganjuk. Foto: iNewsNganjuk.id/Panji.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Dalam 10 tahun terakhir, sejak 2013 hingga 2023, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terbilang sukses mengembangkan dan memberdayakan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di provinsi yang dipimpinnya itu.

Setidaknya, saat ini terdapat 183 ribu UMKM di Jateng, yang mampu menyumbangkan kontribusi positif dalam pembangunan daerah. Terutama, menjaga angka inflasi daerah yang rendah dan meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM).

Ganjar membawa dan membagikan resep keberhasilannya tersebut, saat bertatap muka dengan 1.000 pelaku UMKM Kabupaten Nganjuk, di pendopo KRT Sosro Koesoemo kabupaten setempat, Jumat siang (23/6/2023).

Menurut Ganjar Pranowo, salah satu masalah umum yang dihadapi oleh pelaku UMKM adalah mampu menciptakan produk namun kesulitan dalam menjualnya. Maka dari itu, kata Ganjar, faktor kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan bisnis UMKM menjadi sangat penting.

Berikutnya, kepala daerah yang kini diusung sebagai Capres 2024 oleh PDIP itu juga menyinggung pentingnya pemanfaatan promosi usaha secara online.

Ia lalu memamerkan upaya konsistennya dalam membuka “Lapak Ganjar” di akun medsos Instagram. 

"(Instagram Lapak Ganjar) bertujuan agar warga dapat memanfaatkannya untuk sarana mempromosikan produk-produk asli Jawa Tengah dengan lebih mudah," beber Ganjar.

Untuk diketahui, kehadiran Ganjar di Kabupaten Nganjuk kali ini karena diundang khusus oleh Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, sebagai motivator dalam momentum HUT ke-1 UMKM Kabupaten Nganjuk.

“Meskipun baru satu tahun, namun Kabupaten Nganjuk sudah dapat memulainya. Itu bagus, Pak Bupati,” kata Ganjar Pranowo.

Sementara itu, Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, mengapresiasi keberhasilan Gubernur Jateng tersebut dalam mengelola “Lapak Ganjar” di Instagram. 

Menurut Marhaen, inovasi tersebut telah terbukti memberikan peluang bagi para pelaku UMKM untuk lebih efektif memasarkan barang dagangan mereka. Serta, menjangkau lebih banyak konsumen potensial dan meningkatkan visibilitas produk-produk asli Jawa Tengah.

“Pak Ganjar punya banyak program, salah satunya “Lapak Ganjar” di akun Instagram. Inovasi-inovasi semacam ini menjadi teladan dan inspirasi bagi kami di Kabupaten Nganjuk,’’ pungkas Marhaen Djumadi.

Editor : Agus suprianto

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut