get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

5 Cara Atasi Overthinking, jika Dibiarkan Masalah Mental akan Muncul

Kamis, 20 Juli 2023 | 10:52 WIB
header img
Cara atasi overthinking. Foto : iNewsNganjuk.id/ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Overthinking atau berfikir berlebihan memang menjadi masalah yang dialami banyak orang, lantas bagaimana cara mengatasi overthinking?

Banyak orang yang memiliki kebiasaan berfikir secara berlebihan, dampaknya adalah tidak hanya melelahkan, tetapi juga akan mengganggu aktivitas. Munculnya masalah ini akibat dari rasa tidak percaya diri sampai terlalu cemas terhadap sesuatu.

Karena didalam otaknya terdapat kekhawatiran terhadap sesuatu dan setumpuk pertanyaan, orang yang mengalami overthinking cenderung terlihat seperti gusar dan gelisah. Masalah mental dapat muncul akibat dari overthinking seperti gangguan kecemasan, ketakutan, stress hingga berakibat pada insomnia.

Ciri-ciri orang yang mengalami overthinking diantaranya meliputi, tidak bisa santai, merasa cemas dan khawatir, merasa lelah secara mental, mempunyai banyak pikiran negatif, memutar ulang pengalaman di dalam pikiran, memikirkan skenario terburuk, memfiksasi hal-hal di luar kendali.

Lalu, bagimana cara mengatasi berfikir berlebihan atau overthinking, berikut 5 cara mengatasinya.

1.Mengalihkan perhatian

Menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas yang disukai seperti mempelajari hal baru atau keterampilan baru, membaca, berolahraga, dan masih banyak lagi, lebih baik dari pada terus menerus memikirkan semua hal dengan berlebihan.

2.Mengatur pernafasan

Mengatur pernafasan sangat perlu saat kita mengalami overthinking, dengan cara mencari posisi dan tempat serta suasana yang nyaman, kemudian memposisikan diri serileks mungkin.

Kemudian, menarik nafas dan buang nafas melewati hidung, sambil memperhatikan gerak dada dan perut. Hal tersebut dapat membuat tubuh rileks.

3.Mencari tahu penyebab overthinking 

Dengan mencari tahu penyebab dari overthinking, kamu dapat mencari solusi untuk memecahkan permasalahan atau pemicu dari overthinking tersebut.

4.Memberikan waktu untuk diri senditi atau me time

Otak dan tubuh manusia membutuhkan waktu untuk berfikir, serta mencerna kejadian atau ketakutan yang dialami. Karena itu, memberi jeda waktu untuk sekedar menenangkan diri  sangatlah penting.

Luangkan waktu untuk dirimu sendiri, dan mencari solusi dalam kondisi rileks. Jangan menjadikan beban pikiran hal-hal yang diluar kendali kamu, contohnya seperti perkataan orang lain atau reaksi orang lain terhadap diri kamu.

5.Berdamai dengan rasa ketakutan

Dengan belajar menerima rasa ketakutan sendiri, sangatlah efektif untuk menekan pikiran yang berlebihan. Walaupun pada faktanya menghadapi ketakutan mungkin lebih mudah jika hanya sekedar diucapkan daripada dilakukan.

Karena prosesnya butuh waktu yang panjang, dan tidak bisa secara sekejap mata atau waktu singkat. Jika, sudah bisa mengalahkan rasa takut, maka ditidak akan ada lagi overthinking yang mengganggu pikiran.

Nah, itulah 5 cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi berfikir berlebihan atau overthinking, semoga bisa membantu, dan jika masih tidak berhasil dianjurkan pergi ke psikolog untuk berkonsultasi serta guna mendapatkan solusi yang tepat.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut