get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

2 Dusun Dilanda Kekeringan, BPBD Nganjuk Dropping Air Bersih

Jum'at, 21 Juli 2023 | 11:22 WIB
header img
Kalak BPBD Nganjuk Abdul Wakid turun langsung memimpin dropping air di Desa Ngepung, Kamis (20/7/2023). Foto : iNewsNganjuk.id/Dok BPBD.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Pada musim kemarau ini, 2 dusun di wilayah utara Kabupaten Nganjuk mulai dilanda kekeringan air. Masing-masing Dusun Jomblang dan Dusun Sendanggogor, Yang termasuk wilayah Desa Ngepung, Kecamatan Lengkong.

Di Dusun Jomblang, warga yang terdampak kekeringan tercatat sebanyak 147 kepala keluarga (KK). Sedangkan di Dusun Sendanggogor sebanyak 258 KK.

Merespons hal itu, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nganjuk Abdul Wakid, turun langsung ke dua dusun tersebut, untuk memimpin petugas dropping air bersih, Kamis (20/7/2023).

"Sesuai arahan Bupati Nganjuk untuk segera menangani dampak kekeringan, kami bersama dengan 17 personil BPBD yang telah berpengalaman, menyalurkan bantuan air bersih, langsung melakukan aksi cepat untuk membantu masyarakat Desa Ngepung yang terdampak parah oleh kekeringan," ujar Abdul Wakid, Jumat pagi (21/7/2023).

Wakid mencatat, kekeringan yang melanda desa setempat tersebut telah menyebabkan krisis air bersih yang serius. 

Saat mendatangi lokasi, BPBD Nganjuk membawa 2 unit truk tangki berisikan air bersih dengan kapasitas masing-masing 5000 liter. Wakid juga langsung berkoordinasi dengan Pemerintah Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Ngepung untuk menentukan titik-titik distribusi air bersih kepada warga desa yang terdampak kekeringan. 

"Kami menyadari betapa pentingnya air bersih bagi kehidupan masyarakat di Desa Ngepung, terutama dalam situasi saat ini. Oleh karena itu, BPBD berkomitmen untuk memberikan bantuan sebanyak mungkin agar warga dapat bertahan menghadapi masa krisis ini," ujarnya.

Lebih lanjut Wakid mengatakan, dropping dilanjutkan hari ini, Jumat (21/7/2023), dengan menyalurkan bantuan 4 tandon air berkapasitas 1200 liter dan jeriken sebanyak 50 unit. 

"Dengan bantuan 4 tandon air, diharapkan wilayah tersebut memiliki kemampuan untuk menyimpan cadangan air yang cukup untuk pemenuhan kebutuhan harian masyarakat. Hal ini menjadi jaminan pasokan air yang berkelanjutan, mengurangi kecemasan akan kelangkaan air bersih," tandas Wakid.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut