get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

8 Amalan Pembuka Rezeki agar Berkah dan Berlimpah, No 3 Sangat Mudah Diamalkan

Rabu, 02 Agustus 2023 | 10:23 WIB
header img
Beberapa orang sedang berdoa salah satu amalan yang dilakukan untuk menarik rezeki yakni berdoa dan perbanyak istighfar. Foto : iNewsNganjuk.id / ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Banyak cara dan ikhtiar yang dapat dilakukan untuk mendapatkan Rezeki dari Allah SWT. Bahkan rezeki yang kita dapatkan bias meluas maupun menyempit.

Rezeki bagi setiap hamba Allah SWT telah ditentukan oleh-Nya. Meskipun demikian, setiap muslim diwajibkan berusaha, salah satunya dengan mengerjakan amalan pembuka rezeki.

Jaminan rezeki bagi setiap makhluk tercantum dalam Al-Qur'an. Allah SWT berfirman,

۞ وَمَا مِنْ دَاۤبَّةٍ فِى الْاَرْضِ اِلَّا عَلَى اللّٰهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۗ كُلٌّ فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ ٦

Artinya: "Tidak satu pun makhluk yang bergerak di atas bumi melainkan rezekinya dijamin oleh Allah. Dia mengetahui tempat tinggalnya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang jelas (Lauh Mahfuz)." (QS Hud: 6)

Imam Ibnu Katsir menjelaskan dalam Kitab Tafsir-nya, ayat tersebut menyatakan bahwa Allah SWT menjamin rezeki bagi makhluk-Nya, termasuk hewan-hewan melata di bumi, baik yang kecil maupun besar, yang ada di daratan maupun di laut.

Ada beberapa amalan pembuka rezeki yang dapat dilakukan oleh umat Islam, sebagaimana ditegaskan oleh para ulama.

Berikut beberapa amalan yang dapat anda lakukan setiap hari untuk membuka rezeki :

1. Melaksanakan Sholat Dhuha

Melaksanakan sholat sunnah Dhuha bisa dilakukan setelah matahari terbit hingga sekitar 15 menit sebelum waktu Zuhur. Allah SWT berfirman bahwa siapa yang rajin melaksanakan salat Dhuha, maka kebutuhan hidupnya akan cukup pada akhirnya.

Bahkan orang yang rajin melaksanakan sholat Sunnah Dhuha dalam menjalankan kehidupannya akan bersikap apa adanya. Bahkan dia akan meras puas dengan apa yang didapatkannya. Bukan berarti dia merupakan orang yang pesimis dan tidak berbuat apa-apa.

2. Membaca Surah al-Waqi'ah:

Membaca surah al-Waqi'ah dengan istiqamah bisa menjadi sarana untuk menarik rezeki. Rasulullah SAW menyatakan bahwa orang yang membaca surah al-Waqi'ah setiap malam tidak akan mengalami kefakiran.

3. Perbanyak membaca Istighfar

Memperbanyak istighfar dan taubat dapat melapangkan rezeki seseorang. Allah SWT berjanji akan menurunkan hujan yang lebat dari langit untuk memperbanyak harta dan anak-anak, serta mengadakan kebun-kebun dan sungai.

Istighfar dan Taubat merupakan salah satu sebab melapangkan rezeki seseorang. Dengan membaca istighfar aliran rezeki yang terhambat akan mengalir kembali. Beristighfar juga bertujuan untuk menghilangkan kesalahan yang telah kita perbuat.

4. Sedekah

Memperbanyak sedekah akan mendatangkan rahmat dan membuka pintu rezeki. Allah SWT akan memperbanyak baginya siapa yang memperbanyak sedekah kepada orang lain.

5. Silaturahmi

Menjaga hubungan silaturahmi dengan sesama menjadi sebab dibukanya pintu rezeki. Rasulullah SAW bersabda bahwa siapa yang menyambung hubungan silaturahmi, maka Allah SWT akan memperluas rezekinya dan memanjangkan umurnya.

Silahturahmi juga dapat membuka pintu rezeki karena Allah SWT memang Allah memberikan kelapangan rezeki datangnya dari mana saja.

6. Meperbanyak membaca Zikir Pembuka Rezeki

Beberapa zikir dapat membuka pintu rezeki jika kita mengamalkannya.
Memperbanyak zikir seperti Laa haula walaa quwwata illaa billaah. Zikir yang ke dua yakni membaca "Laa ilaaha illallaahul malikul haqqul mubiin", bacaan ini akan menjadi keamanan dari kekafiran dan dapat menjadi penentram dari rasa takut.

Selain dua zikir diatas kita juga dapat membaca surat Al ikhlas, surat ini dapat di baca saat akan masuk rumah berkah dari membaca surat Al ikhlas ini dapat menghilangkan kekafiran pada penghuni rumah.

Zikir berikutnya yang dapat dibaca yakni "Subhaanallaahi wabihamdihii subhaanallaahil azhiim."

7. Memperbanyak Sholawat kepada Nabi Muhammad

Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW: Selain menjadi pembuka pintu rezeki,  bersholawat kepada Nabi akan mendapatkan sepuluh kali sholawat dari Allah SWT.

Dari riwayat Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa mengucapkan sholawat kepadaku satu kali, maka Allah mengucapkan sholawat kepadanya sebanyak sepuluh kali." (HR Muslim)

8. Memperbanyak Tadarus Alquran

Tadarus Al-Qur'an: Membaca Al-Qur'an dengan tekun akan membuka rezeki dalam berbagai bentuk, termasuk kesehatan dan kebahagiaan.

Dalam pandangan Islam, rezeki tidak hanya berarti materi atau kekayaan, tetapi juga mencakup berkah dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, mengerjakan amalan-amalan di atas dapat menjadi jalan untuk mendapatkan berkah dan kelapangan rezeki dari Allah SWT.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut