get app
inews
Aa Read Next : Rahasia Membuka Aura Wajah Menurut Islam, Kecantikan dari Dalam yang Memikat

Klampis Ireng, Kerajaan Gaib di Ponorogo Penuh dengan Hal Mistis

Selasa, 08 Agustus 2023 | 11:22 WIB
header img
Petilasan Klampis Ireng Kerajaan Gaib yang ada di Ponorogo kerap terdengar suara pagelaran wayang. Foto : iNewsNganjuk.id / Meita

PONOROGO, iNewsNganjuk.id - Ponorogo, yang terkenal dengan seni Reognya, memiliki sisi menyeramkan dengan tempat angker seperti Klampis Ireng. Tempat ini dianggap paling angker di daerah tersebut karena dipercayai sebagai kerajaan gaib yang dihuni oleh makhluk halus dan roh leluhur.

Eyang Ismoyo atau Semar, tokoh pewayangan terkenal, memimpin padepokan tersebut. Klampis Ireng dulu digunakan untuk pertapaan dan mengajarkan ilmu kejawen manunggaling kawula gusti, yakni ilmu untuk bersatu dengan Tuhan. Eyang Ismoyo meninggal dan dimakamkan di tempat ini.

Klampis Ireng dinamai dari jenis pohon di sana, yaitu Klampis (Acacia Tomentosa), yang memiliki duri panjang dan berambut kuning serta memiliki batang hitam yang dalam bahasa Jawa disebut dengan Ireng.

Suasana mistis terasa karena penduduk setempat mendengar pagelaran wayang di petilasan. Dicari sumber suaranya namun tidak ada aktivitas apapun. Masyarakat sekitar tempat inipun melihat penampakan hantu dan kejadian aneh.

Sekarang petilasan ini, di Dukuh Krajan, Desa Sragi, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo, direnovasi oleh Pemerintah Daerah. Dapat dikunjungi sebagai tempat wisata religi dengan fasilitas yang memudahkan pengunjung.

Selain berdoa dan meditasi, Klampis Ireng menarik bagi penggemar wayang dan budaya Jawa. Tak jarang para pengunjung ke tempat ini hanya untuk berfoto juga menikmati pemandangan alam hijau dan asri.

 

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut