get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

8 Amalan setelah Sholat Subuh Lakukan Setiap Hari, Nomor 3 Diamini Malaikat

Rabu, 23 Agustus 2023 | 11:38 WIB
header img
Amalan setelah sholat subuh yang dapat dilakukan setiap hari, salah satunya diamini oleh Malaikat. Foto / iNewsNganjuk.id / ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Sholat Subuh  adalah salah satu sholat wajib yang dilaksanakan oleh umat Islam saat fajar mulai menyingsing, terdiri dari dua rakaat.

Pelaksanaan sholat ini dapat dianggap cukup menuntut karena berkaitan dengan waktu. Namun, sholat ini memiliki banyak keutamaan, termasuk mendapatkan pahala yang besar.

Pahala yang diperoleh akan berlipat ganda jika diiringi dengan amalan setelah shalat subuh. Amalan ini juga membawa berkah, kelancaran rezeki, dan menyempurnakan ibadah.

Ada banyak amalan yang dapat dilakukan oleh umat Muslim setelah sholat subuh.

Berikut 8 Amalan Setelah Sholat Subuh

1. Membaca Sayyidul Istighfar 

Mengucapkan Sayyidul istighfar pada waktu pagi dan petang memiliki keutamaan luar biasa. Berikut adalah doa Sayyidul istighfar yang diajarkan oleh Rasulullah SAW:

"Allahumma anta rabbii, laa ilaaha illaa anta khalaqtanii. Wa ana ‘abduka, wa ana ‘alaa ‘ahdika wa wa‘dika mastatha‘tu. A‘ûdzu bika min syarri maa shana‘tu. Abu’u laka bini‘matika ‘alayya. Wa abu’u bidzanbî. Faghfirlî. Fa innahuu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta."

Artinya, "Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada tuhan selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku berada di bawah perjanjian dan janji-Mu sejauh kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kulakukan. Aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau berikan padaku dan aku mengakui dosaku. Maka ampunilah aku, karena tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau."

2. Membaca sholawat 

Membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW memiliki keutamaan. Rasulullah bersabda, "Barang siapa membaca sholawat kepadaku sekali, Allah akan memberikan sepuluh sholawat kepadanya."

3. Membaca Dzikir 

Membaca dzikir di pagi hari memiliki banyak manfaat. Rasulullah SAW selalu berdzikir pada pagi dan petang hari sebanyak tiga kali. Dzikir tersebut diamini 70 ribu Malaikat yang memohonkan ampun kepada Allah SWT. 

Berikut dzikir pagi dan petang yang dianjurkan:

"A'udzubillahis samii'il 'aliimi minasy syaithoonir rojiimi"

Artinya, "Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dari godaan setan yang terkutuk." Dzikir ini dapat diulang sebanyak tiga kali.

4. Membaca Tiga Ayat Terakhir Surat Al Hasyr

Membaca tiga ayat terakhir Surat Al Hasyr memiliki keutamaan besar. Rasulullah bersabda bahwa membacanya akan mendatangkan ampunan dan pahala.

5. Membaca Surat Al Waqiah

Membaca Surat Al Waqiah pada malam hari dan setelah shalat Fajr memiliki banyak manfaat. Orang yang rajin membaca surat ini akan mendapatkan syafaat di hari kiamat.

6. Sholat Isyraq

Melaksanakan sholat Isyraq, yaitu sholat setelah matahari terbit, memiliki banyak keistimewaan. Rasulullah SAW menyebutkan bahwa sholat ini akan memberikan pahala seperti berhaji atau berumrah secara sempurna.


7. Sholat Dhuha 

Sholat Dhuha memiliki banyak keutamaan dan dijuluki sebagai sholat pembuka rezeki. Rasulullah mengatakan bahwa melaksanakan sholat Dhuha akan mencukupi kebutuhan di akhir siang.

8. Sedekah Subuh

Mengeluarkan sedekah subuh memiliki banyak manfaat, dan orang yang melakukannya akan mendapatkan doa dari dua malaikat untuk mendapatkan pengganti dan kebinasaan bagi mereka yang bakhil.

Itulah beberapa amalan yang dapat dikerjakan oleh umat muslim setelah sholat subuh agar dipermudah dan dibuka pintu rezeki. 

 

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut