get app
inews
Aa Read Next : 9 Fakta Unik yang Membuat Indonesia Bersinar di Panggung Dunia

Keren, Ini 10 Tarian Tradisional Indonesia yang Mendunia, Salah Satunya dari Jawa Timur

Selasa, 05 September 2023 | 09:18 WIB
header img
Tari Reog Ponorogo, Jawa Timur salah satu tari tradisional Indonesia yang mendunia. Foto : iNewsNganjuk.id/ Meita

NGANJUK, iNewsNganjuk.id- Indonesia memiliki kekayaan yang luar biasa dalam bentuk keberagaman suku bangsa, adat istiadat, bahasa, pengetahuan dan teknologi lokal, tradisi, kearifan lokal, serta seni. Kekayaan ini membentuk identitas bangsa di tengah dinamika perkembangan dunia, salah satunya dalam seni tari.

Setiap daerah di Indonesia memiliki tarian tradisional dengan kekhasan yang diwariskan turun temurun. Beberapa di antaranya bahkan telah mendunia dengan pertunjukan spektakulernya.

Mari kita kenali beberapa di antaranya:

 

1. Tari Saman, Aceh

Tari Saman adalah salah satu yang paling dikenal di kancah internasional. Tarian ini digunakan dalam upacara adat penting masyarakat Aceh dan dijaga dengan baik oleh seluruh Indonesia. UNESCO telah mengakui keistimewaan tarian ini dengan menetapkannya sebagai Warisan Budaya Tak Benda Manusia.

2. Tari Kecak, Bali

Selain keindahan alamnya, Bali memiliki Tari Kecak yang unik, di mana 70 penari berdiri melingkar dan meneriakkan kata "cak cak cak" sambil mengisahkan cerita pewayangan Ramayana. Atraksi api dalam pertunjukan ini menjadi daya tarik tersendiri.

3. Tari Jaipong, Jawa Barat 

Tari Jaipong merupakan identitas seni Jawa Barat yang terkenal. Dibuat oleh seniman Bandung, Gugum Gumbira, tari ini menggabungkan berbagai elemen seni tradisi Karawang, menciptakan keindahan yang unik.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut