get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Kurir Narkoba di Nganjuk: Ribuan Pil Koplo dan Sabu Disita Polisi

8 Kaktus Mini Tanaman Hias dalam Ruangan yang Bermanfaat Bersihkan Udara Dalam Rumah

Rabu, 20 September 2023 | 09:41 WIB
header img
Jenis tanaman kaktus mininyang dapat bermanfaat untuk bersihkan udara dalam rumah. Foto : iNewsNganjuk.id / Meita

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Tanaman hias kaktus memiliki berbagai jenis dan ukuran yang beragam, termasuk kaktus mini yang cocok untuk digunakan sebagai tanaman hias dalam ruangan.

Selain memiliki bentuk yang unik dengan durinya yang khas, kaktus juga dapat mekar. Oleh karena itu, menjadikannya dekorasi meja tamu di rumah anda adalah pilihan yang baik.

Selain untuk meningkatkan estetika rumah, tanaman hias kaktus juga memiliki manfaat kesehatan. Sebagai tanaman indoor, kaktus dapat menghasilkan oksigen dan mengurangi polusi udara di dalam ruangan.

Kaktus memiliki akar yang menyebar untuk mengambil air dan nutrisi seefisien mungkin, dan air disimpan dalam batangnya. Untuk mencegah penguapan air, batang kaktus dilapisi dengan lapisan lilin dan memiliki daun berbentuk duri yang minimalis.

Jika anda tertarik untuk menanam kaktus sebagai tanaman hias di rumah,

Berikut 8 jenis kaktus mini yang dapat ditempatkan di dalam ruangan : 

1. Kaktus Mickey Mouse 

Kaktus ini dikenal karena bentuknya yang mirip telinga karakter kartun Disney, Mickey Mouse. Duri-durinya kecil dengan pola mirip polkadot, dan cocok untuk ditempatkan di meja kerja atau meja kantor.

2. Kaktus Belimbing 

Kaktus belimbing tumbuh memanjang atau bercabang tanpa duri, sehingga cocok untuk interior ruangan. Kaktus ini juga cocok untuk rumah bergaya minimalis dan memiliki kemampuan menyimpan air yang cukup besar.

3. Kaktus Asteria 

Kaktus mini berbentuk bulat dengan bintik-bintik di sekelilingnya cocok ditempatkan di atas meja. Pastikan kaktus asteria mendapatkan cahaya yang cukup agar tetap sehat. Bunga berwarna-warni menjadikannya lebih menarik.

4. Kaktus Ariocarpus

Kaktus ini dapat menghasilkan bunga dengan beragam warna, seperti putih, merah, ungu, pink, dan kuning, yang tumbuh di bagian tengahnya.

5. Kaktus Ferocactus 

Kaktus ini memiliki daya tarik tersendiri berkat duri-durinya yang merah dan panjang. Dengan durinya yang unik, kaktus ini adalah pilihan bagus untuk dekorasi dalam ruangan.

6. Kaktus Dessert Gem

Kaktus dessert gem memiliki warna yang menarik dan tampak seperti tanaman hias imitasi. Bentuknya mungil dan cantik saat ditempatkan bersama. Untuk tampilan terbaik, gunakan pot berwarna putih.

​7. Kaktus Fishbone

Bunganya menyerupai wijaya kusuma, tetapi lebih kecil, dengan batang daun yang minimalis dan unik yang bisa memanjang. Kaktus ini cocok untuk dekorasi interior dan memiliki duri kecil yang perlu diperhatikan.

8. Chrismas Cactus


Di Indonesia, tanaman ini dikenal sebagai wijaya kusuma kepiting dengan nama Latin Schlumbergera. Asal dari Brazil, tanaman ini memerlukan kelembapan dan memiliki bunga merah yang kontras dengan batang daun hijaunya.

Jadi, kaktus bukan hanya tanaman hias biasa; mereka juga dapat menjadi tambahan yang indah dan bermanfaat bagi setiap ruangan di rumah anda.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut