get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Kurir Narkoba di Nganjuk: Ribuan Pil Koplo dan Sabu Disita Polisi

Hutan Wilis Kebakaran Lagi, Petugas Gabungan Lakukan Pemadaman Manual

Senin, 02 Oktober 2023 | 10:53 WIB
header img
petugas gabungan memadamkan api secara manual di Hutan RPH Salamjudeg, Minggu (1/10/2023). Foto: iNewsNganjuk.id/Dok Polsek.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Kawasan hutan di lereng Gunung Wilis, Kabupaten Nganjuk, kembali dilanda kebakaran. Kali ini titik api terlihat di Petak 58 RPH Salamjudeg, BPKH Pace.

Wilayahnya termasuk Dusun Dodol, Dess Klodan, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk. Kobaran api menghanguskan area hutan seluas 0,5 hektare yang berisi tumbuhan ilalang dan batang-batang pohon sisa tebangan.

Kapolsek Ngetos AKP Pujo Santoso dalam keterangan tertulisnya, Minggu sore (1/10/2023), mengatakan, titik api awalnya terdeteksi melalui aplikasi Lancang Kuning,  Minggu pagi pukul 09.04 WIB.

"Selanjutnya Bhabinkamtibmas Desa Klodan berkoordinasi dengan pihak Perhutani RPH Salamjudeg. Pada pukul 11.00 Wib petugas gabungan berangkat ke titik lokasi kebakaran, sampai di lokasi sekitar pukul 13.00 WIB," terang Pujo.

Pemadaman di lokasi kebakaran dilakukan secara manual, dengan cara dipukul-pul menggunakan kayu dan peralatan pendukung lainnya. Mereka juga membuat sekat bakar atau ilaran agar api tidak merembet.

Adapun petugas gabungan yang ikut terjun dalam pemadaman tersebut antara lain Camat Ngetos dan jajaran, Kapolsek Ngetos dan anggota, Danramil Ngetos beserta anggota, Perhutani KRPH Salamjudeg hingga babinsa dan babinkamtibmas setempat.

Menurut Pujo, lokasi kebakaran merupakan kawasan hutan lindung, dengan jenis tanaman ilalang. Jaraknya sekitar 10 kilometer dari pemukiman warga.

"Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.30 WIB sore. Untuk penyebabnya atau sumber api kebakaran masih dalam penyelidikan," tukas Pujo.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut