get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

Penting Muslim Wajib Tahu, 4 Hikmah Iman kepada Hari Kiamat

Selasa, 03 Oktober 2023 | 15:17 WIB
header img
Hikmah iman kepada hari Kiamat. Foto : iNewsNganjuk.id / Ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id- Iman kepada hari kiamat adalah salah satu dari rukun iman yang harus diyakini oleh umat muslim. Ini berarti bahwa umat muslim memiliki kewajiban untuk meyakini bahwa suatu saat nanti alam semesta beserta isinya akan hancur, dan kehidupan semua makhluk Allah SWT akan berakhir atas kehendak-Nya.

Allah Ta'ala berfirman:

وَنُفِخَ فِي الصُّوْرِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي اْلأَرْضِ إِلاَّ مَنْ شَاءَ اللهُ ثُمَّ نُفِخَ فِيْهِ أُخْرَى فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُوْنَ

Artinya: Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian sangkakala itu ditiup sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannnya masing-masing). (QS. Az-Zumar: 68).
 

Hikmah Iman kepada Hari Kiamat 

Allah SWT tidak menciptakan sesuatu tanpa tujuan dan hikmah di baliknya, termasuk dalam iman kepada hari kiamat

Berikut beberapa hikmah yang dapat diambil oleh umat Muslim dari keyakinan ini:

1. Mendorong Amalan Saleh

Iman kepada hari akhir mendorong seorang hamba untuk senantiasa melakukan amalan saleh, seperti menjalani sholat lima waktu, meningkatkan sholat sunnah, berdzikir, berpuasa, dan lain sebagainya. Mereka yakin bahwa setelah hari akhir akan ada hari pembalasan di mana semua perbuatan selama di dunia akan diperhitungkan oleh Allah SWT.

2. Memupuk Kebaikan kepada sesama 

Selain mempererat hubungan dengan Allah SWT, keyakinan kepada hari akhir juga mengingatkan seorang Muslim untuk memperhatikan hubungannya dengan sesama manusia. Penting untuk menjaga hubungan ini agar keseimbangan hidup dapat terjaga.

3. Menumbuhkan rasa takut terhadap dosa

Iman kepada hari akhir membuat seseorang merasa takut berbuat dosa selama di dunia. Mereka akan menjauhi perbuatan dosa karena takut tidak dapat mempertanggungjawabkannya ketika hari akhir tiba. Oleh karena itu, umat Muslim akan lebih berhati-hati dalam perilaku mereka agar perbuatan buruk tidak membawa mereka merasakan azab Allah SWT.

4. Persiapan yang Matang 

Ketika akan datangnya hari akhir hanya Allah SWT yang mengetahui. Oleh karena itu, seorang Muslim yang beriman kepada hari akhir akan mempersiapkan dirinya dengan baik untuk menghadapinya. Dengan sungguh-sungguh, mereka akan memperbaiki amalan ibadah mereka agar memiliki bekal yang mencukupi saat hari akhir tiba.



 

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut