get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

Kapan Waktu Pelaksanaan Sholat Sunnah Qobliyah Subuh?

Kamis, 05 Oktober 2023 | 15:44 WIB
header img
Waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat Sunnah qobliyah subuh. Foto : iNewsNganjuk.id / ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Sholat sunnah qobliyah subuh adalah ibadah sunnah yang dilakukan sebelum melaksanakan sholat subuh fardhu. Ibadah ini memiliki nilai yang sangat penting dalam agama Islam dan dianjurkan oleh Rasulullah SAW. 

Mengetahui waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat sunnah qobliyah subuh merupakan hal yang penting bagi umat Muslim, karena ibadah ini memiliki keutamaan dan pahala yang besar di mata Allah SWT.

Waktu yang paling tepat untuk melaksanakan sholat sunnah qobliyah subuh adalah setelah sholat Isya hingga sebelum sholat subuh fardhu. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Dua rakaat qobliyah (sebelum) Subuh itu lebih baik dari pada dunia dan seisinya.” (Hadist Riwayat Muslim).

Penting untuk diingat bahwa sholat sunnah qobliyah subuh sebaiknya tidak dilaksanakan pada saat terlarang, yaitu saat matahari terbit dan terbenam, serta saat sholat wajib sedang berlangsung. Jadi, waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat sunnah qobliyah subuh adalah antara sholat Isya dan sebelum sholat subuh fardhu.

Keistimewaan sholat sunnah dua rakaat sebelum subuh ini disebut dalam hadits yang berasal dari disebutkan juga dalam hadits lain jika sholat sunnah qobliyah subuh adalah sholat yang sangat diperhatikan oleh Nabi SAW.

وَعَنْهَا قَالَتْ: لَمْ يَكُنِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, عَلَى شَيْءٍ مِنَ النَّوَافِلِ أشَدَّ تَعَاهُدَاً مِنهُ عَلَى رَكْعَتَي الفَجْرِ. مُتَّفَقٌ عَلَيهِ.

Artinya: "Dari Aisyah RA, ia menyatakan: Tidak ada shalat yang Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam sangat perhatikan selain dua rakaat qobliyah Subuh" (HR Bukhari dan Muslim). Aisyah RA. Rasulullah SAW bersabda:

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Artinya: "Dua rakaat fajar (sholat sunnah qobliyah subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya." (HR Muslim) 

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk melaksanakan sholat sunnah qobliyah subuh pada waktu yang tepat, yaitu setelah sholat Isya hingga sebelum sholat subuh fardhu. Dengan melaksanakan ibadah ini secara konsisten, umat Islam dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, mengikuti teladan Rasulullah SAW, menghapus dosa, menyempurnakan sholat fardhu, dan mendapatkan pahala yang besar di akhirat. 

Semoga kita senantiasa diberikan kekuatan dan keteguhan hati untuk menjalankan ibadah sunnah ini dengan penuh keikhlasan dan kecintaan kepada Allah SWT. Aamiin.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut