get app
inews
Aa Read Next : Keutamaan dan Manfaat Menjenguk Orang Sakit

5 Manfaat Puasa Tarwiyah, Salah Satunya untuk Membersihkan Diri

Selasa, 17 Oktober 2023 | 09:13 WIB
header img
Manfaat dari puasa tarwiyah. Foto: iNewsNganjuk.id/Ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id, -Puasa Tarwiyah adalah salah satu puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah dalam rangka persiapan menjalani ibadah haji.

Puasa ini memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

1. Membersihkan Diri

Puasa tarwiyah membantu jamaah haji untuk membersihkan diri fisik dan spiritual sebelum memasuki ibadah haji. Ini mencerminkan kesucian dan kesiapan jamaah untuk melaksanakan ritual haji.

2. Mengenang Sunnah Nabi

Puasa ini juga merupakan tindakan untuk mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW, yang juga berpuasa pada tanggal 8 dzulhijjah ketika beliau menjalani ibadah haji. Melaksanakan sunnah ini merupakan bentuk penghormatan terhadap Nabi.

3. Meningkatkan Kesadaran

Puasa tarwiyah memungkinkan jamaah haji untuk merasakan kesulitan yang dihadapi oleh banyak orang yang kurang beruntung. Ini dapat meningkatkan empati dan kesadaran sosial mereka.

4. Memperkuat Disiplin

Puasa adalah bentuk ibadah yang membutuhkan disiplin diri. Melaksanakan puasa tarwiyah membantu jamaah haji dalam mempertajam kontrol diri mereka, yang dapat bermanfaat dalam menjalani ibadah haji dengan baik.

5. Mendekatkan Diri kepada Allah

Seperti ibadah lainnya, puasa tarwiyah Tarwiyah juga bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan keimanan. Ini adalah kesempatan untuk merenung dan memperbaiki hubungan spiritual.

Dari Aisyah radhiyallahu 'anha, dia berkata: "Tidaklah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam meninggalkan puasa pada hari Tarwiyah kecuali karena kesalahan dalam haji." (HR. Abu Dawud)

Jadi, puasa tarwiyah memiliki manfaat dalam mempersiapkan diri jamaah haji secara fisik dan spiritual, serta memungkinkan mereka untuk mengikuti sunnah Nabi dan mendekatkan diri kepada Allah.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut