get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

Tujuan Sumpah Pemuda, Mengukuhkan Persatuan dan Semangat Perjuangan

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 12:23 WIB
header img
Tujuan sumpah pemuda, mengukuhkan persatuan dan semangat perjuangan. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id -Sumpah Pemuda adalah sebuah ikrar atau janji yang diucapkan oleh para pemuda Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928 dalam Kongres Pemuda II yang diselenggarakan di Jakarta. Ikrar ini mencakup tekad pemuda-pemuda Indonesia untuk bersatu dan berjuang melawan penjajahan kolonial serta mengukuhkan persatuan dalam semangat nasionalisme

Salah satu poin penting dalam Sumpah Pemuda adalah pengadopsian Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan untuk mengatasi keragaman bahasa di Indonesia. Sumpah Pemuda menjadi tonggak penting dalam perjalanan menuju kemerdekaan Indonesia dan menandai semangat perjuangan serta persatuan generasi muda dalam mencapai kemerdekaan negara ini. 

Ikrar tersebut memiliki beberapa tujuan utama, antara lain : 

1. Meneguhkan persatuan

Sumpah Pemuda bertujuan untuk meneguhkan persatuan antara pemuda-pemuda dari berbagai etnis dan budaya di Indonesia. Ikrar ini menekankan pentingnya persatuan dalam menghadapi penjajahan kolonial Belanda.

2. Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan 

Salah satu poin penting dalam Sumpah Pemuda adalah mengadopsi Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Hal ini bertujuan untuk memperkuat identitas bangsa Indonesia dan mengatasi keragaman bahasa di nusantara.

3. Memperjuangkan kemerdekaan 

Sumpah Pemuda juga mengandung semangat perjuangan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Para pemuda berkomitmen untuk bersatu dan berjuang melawan penjajahan dengan tekad yang kuat.

4. Menciptakan kesadaran nasional 

Sumpah Pemuda membantu dalam menciptakan kesadaran nasional di kalangan pemuda Indonesia. Ikrar ini mengilhami generasi muda untuk berperan aktif dalam perjuangan kemerdekaan dan memahami arti pentingnya persatuan dan nasionalisme.

Sumpah Pemuda telah menjadi momen bersejarah yang penting dalam perjalanan menuju kemerdekaan Indonesia dan menjadi simbol persatuan dan semangat perjuangan bangsa.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut