get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

7 Efek Samping Daun Bidara jika Dikonsumsi Berlebihan

Jum'at, 10 November 2023 | 08:46 WIB
header img
Efek samping daun Bidara jika tidak dikonsumsi dengan benar dan berlebihan. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id, - Daun bidara memiliki beragam manfaat positif untuk kesehatan, tetapi perlu diingat bahwa konsumsi yang tidak terkendali dapat menimbulkan risiko. Penting untuk memahami bahwa daun bidara juga dapat menyebabkan efek samping yang berpotensi merugikan kesehatan, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Agar aman, disarankan untuk menggunakan daun bidara dengan bijak dan selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit atau masalah kesehatan. Keberhati-hatian ini penting agar manfaat kesehatan dari daun bidara dapat dinikmati tanpa membahayakan kondisi tubuh.

7 bahaya Duan Bidara dan efek samping yang mungkin dialami setelah mengkonsumsinya: 

1. Kerusakan hati

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Alauddin Makassar, menunjukkan bahwa batas aman dari konsumsi ekstrak daun bidara adalah 600 mg per kilogram berat badan.
Jika mengonsumsi daun bidara dengan konsentrasi tinggi, hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan hati.
Konsumsi berlebihan dari daun bidara yang diproses di organ hati akan berdampak pada fungsi hati yang harus bekerja lebih keras untuk mengolahnya.

2. Alergi Kulit 

Masih merujuk pada penelitian yang sama, daun bidara terkadang dapat memicu alergi. Oleh sebab itu hentikan konsumsi daun bidara jika kulit anda merasakan gatal dan panas.Kondisi yang muncul tersebut menandakan bahwa anda memiliki alergi terhadap daun herbal yang satu ini.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut