get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

Muslim Wajib Tahu Ini Waktu yang Tepat untuk Mandi Taubat

Rabu, 29 November 2023 | 09:38 WIB
header img
Waktu yang tepat untuk melaksanakan mandi taubat. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id, - Mandi taubat adalah salah satu amalan penting dalam Islam untuk membersihkan diri dari dosa dan memperbaiki hubungan dengan Allah. Meskipun dapat dilakukan kapan saja, ada beberapa waktu yang dianggap lebih tepat untuk melaksanakannya.

Waktu yang tepat untuk mandi wajib : 

1. Malam Jumat 

Malam Jumat dianggap sebagai waktu istimewa dalam Islam. Rasulullah SAW memberikan penekanan khusus pada mandi taubat pada malam ini. Melalui mandi taubat, umat Islam diharapkan mendekatkan diri kepada Allah dan memohon ampunan.

2. Bulan Ramadhan 

Bulan Ramadan adalah bulan suci yang penuh berkah dan ampunan. Melakukan mandi taubat di bulan ini dapat meningkatkan keberkahan amalan dan membantu umat Islam membersihkan diri untuk mendekatkan diri kepada Allah.

3. Malam Lailatul Qadar 

Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Mandi taubat pada malam ini diharapkan dapat menghapus dosa-dosa masa lalu dan mendatangkan keberkahan besar.

4. Setelah Perbuatan Dosa Besar 

Mandi taubat segera setelah melakukan dosa besar sangat dianjurkan. Hal ini menunjukkan niat tulus untuk bertaubat dan meningkatkan kesadaran spiritual.

5. Saat Haji atau Umroh

Melakukan mandi taubat setelah menyelesaikan ibadah haji atau umrah merupakan waktu yang baik. Ini membantu membersihkan diri dari dosa dan merenungkan perjalanan spiritual yang baru saja dilalui.

Penting untuk diingat bahwa meskipun ada waktu-waktu tertentu yang dianjurkan, mandi taubat dapat dilakukan kapan saja. Yang terpenting adalah niat tulus dan kesungguhan hati dalam bertaubat kepada Allah.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut