get app
inews
Aa Read Next : Simak dan Ketahui 10 Tips Mengatasi Badan Lemas

Simulasi Pemungutan Suara KPU Nganjuk, Meningkatkan Persiapan dan Efisiensi Pemilu

Selasa, 30 Januari 2024 | 12:55 WIB
header img
Simulasi pemungutan suara KPU di Nganjuk meningkatkan persiapan efisiensi pemilu. Foto : iNewsNganjuk.id/ Meita.

Nganjuk, iNewsNganjuk.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara di Balai Pertemuan Kendal Kramat Nganjuk pada Selasa (03/01/2024), sebagai langkah memperkuat persiapan pemilihan umum mendatang.

Simulasi ini, yang dihadiri oleh berbagai pihak termasuk petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) dan perwakilan masyarakat, bertujuan untuk memastikan kelancaran dan keakuratan proses pemungutan serta perhitungan suara saat pemilihan berlangsung. Nanang Wahyudi, Devisi Tehnis Penyelenggara KPU, menjelaskan bahwa keberhasilan simulasi ini bergantung pada partisipasi luas dari semua pihak.

"Simulasi ini difokuskan di satu titik, yaitu TPS 18 Kelurahan Kramat, guna mempersiapkan SDM terutama KPPS agar memahami tugas dan tanggung jawabnya. Penting juga agar mereka dapat mengelola waktu dengan efisien untuk melayani pemilih," ujar Nanang.

Menurutnya, evaluasi akan dilakukan terhadap durasi waktu simulasi ini untuk menentukan apakah ada perbaikan yang diperlukan. Meskipun hanya dilakukan di satu tempat, TPS khusus di Nganjuk, yakni di lapas, tidak mengadakan simulasi, melainkan hanya melakukan bimbingan teknis (bimtek) dengan petugas.

"Nantinya, evaluasi akan menilai apakah ada perbaikan yang dapat diterapkan untuk durasi waktu. Petugas KPPS di lapas akan melibatkan pegawai lapas, dan perhitungan suara dalam simulasi ini mengambil setengah dari rata-rata jumlah pemilih di Nganjuk, yaitu sekitar 125, untuk dievaluasi sampai sejauh mana waktu pelayanan dapat diselesaikan," tambah Nanang.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut