get app
inews
Aa Read Next : Polres Nganjuk Bersama Dinkes Bagikan Ribuan Vitamin untuk Anggota Bawaslu

Hindari Kombinasi Makanan dan Minuman dengan Buah Jeruk untuk Kesehatan yang Lebih Baik

Senin, 19 Februari 2024 | 09:21 WIB
header img
Buah jeruk. Foto: iNewsNganjuk.id/ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Buah jeruk, dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi dan rasa segarnya, sering dianggap sebagai salah satu buah yang sangat sehat. Namun, ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan buah jeruk karena dapat mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam tubuh. 

Berikut adalah beberapa kombinasi yang sebaiknya dihindari:

1. Susu

Mencampurkan jeruk dengan susu dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti gangguan perut atau diare. Kombinasi asam dalam jeruk dengan protein dalam susu dapat menggumpal dalam perut, sulit dicerna, dan menyebabkan ketidaknyamanan.

2. Yogurt

Meskipun yogurt kaya akan probiotik dan nutrisi, mencampurnya dengan jeruk dapat menghasilkan asam lambung yang berlebihan dan mengganggu keseimbangan pH dalam lambung. Ini bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dan bahkan bisa memicu refluks asam.

3. Minuman bersoda

Minuman bersoda sudah dikenal sebagai minuman yang tidak sehat karena tingginya kandungan gula dan bahan kimia tambahan. Mencampurnya dengan jeruk dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi karena kombinasi asam dari jeruk dan asam fosfat dalam minuman bersoda.

4. Makanan pedas

Jeruk yang asam dapat membuat sensasi terbakar dari makanan pedas terasa lebih intens. Ini dapat mengiritasi lambung dan kerongkongan, serta menyebabkan refluks asam.

5. Alkohol

Minuman beralkohol, terutama yang berbasis asam seperti anggur, dapat bertentangan dengan jeruk. Kombinasi keduanya dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan mengganggu fungsi pencernaan.

Meskipun jeruk memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak dan memperhatikan kombinasi dengan makanan dan minuman lainnya. Menghindari kombinasi yang tidak cocok dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan penyerapan nutrisi yang optimal dalam tubuh.

Editor : Agus suprianto

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut