get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Kurir Narkoba di Nganjuk: Ribuan Pil Koplo dan Sabu Disita Polisi

5 Keutamaan Malam Nisfu Syaban yang Unik dan Berbeda dengan Malam Lainnya

Kamis, 22 Februari 2024 | 11:18 WIB
header img
Keutamaan Malam Nisfu Syaban yang Unik dan Berbeda dengan Malam Lainnya. Foto : iNewsNganjuk.id/ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Malam Nisfu Syaban memiliki keistimewaan tertentu yang membedakannya dari malam-malam lainnya dalam Islam. Pada tahun 2024 ini Nisfu Syaban jatuh pada (25/02/2024) sehingga untuk malam Nisfu Syaban dimulai dari tanggal (24/02/2024) setelah Magrib.

 

Berikut adalah lima keutamaan unik dari malam Nisfu Syaban:

 

1. Penetapan Takdir dan Nasib

 

Malam Nisfu Syaban adalah saat di mana takdir dan nasib seseorang untuk tahun yang akan datang ditetapkan oleh Allah SWT. Meskipun Allah SWT senantiasa mengetahui segala sesuatu yang akan terjadi, namun malam Nisfu Syaban merupakan waktu khusus di mana takdir tersebut diumumkan kepada malaikat.

 

2. Meningkatnya Kehadiran Malaikat

 

Pada malam Nisfu Syaban, malaikat banyak turun ke bumi untuk mencatat takdir yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Hal ini menjadikan malam ini sebagai waktu yang istimewa di mana keberadaan malaikat lebih terasa daripada malam-malam lainnya.

 

3. Rahmat dan Ampunan yang Luas

 

Malam Nisfu Syaban adalah waktu di mana Allah SWT memberikan rahmat dan ampunan yang sangat luas kepada hamba-Nya yang bertobat dan memohon ampunan. Rasulullah SAW bersabda, "Allah SWT memandang kepada semua makhluk-Nya pada malam Nisfu Syaban dan mengampuni semua makhluk-Nya kecuali dua golongan, yaitu orang yang musyrik dan orang yang bermusuh dengan sesamanya."

 

4. Berlimpahnya Keberkahan dalam Berdoa

 

Malam Nisfu Syaban merupakan waktu yang sangat dianjurkan untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT. Doa-doa pada malam ini memiliki keberkahan yang lebih besar daripada pada malam-malam biasa. Oleh karena itu, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa dan istighfar pada malam Nisfu Syaban.

 

5. Pemberian Kesempatan untuk Bertaubat

 

Malam Nisfu Syaban juga memberikan kesempatan yang istimewa bagi umat Muslim untuk bertaubat dan memperbaiki diri. Dengan memanfaatkan malam ini untuk bertobat dan memohon ampunan, umat Muslim dapat membersihkan diri dari dosa-dosa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

Dengan memahami keutamaan unik malam Nisfu Syaban ini, umat Muslim diharapkan dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh ampunan, rahmat, dan keberkahan dari Allah SWT serta memperbaiki diri menuju ke arah yang lebih baik.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut