get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Kurir Narkoba di Nganjuk: Ribuan Pil Koplo dan Sabu Disita Polisi

Langkah Transparan, Pj Bupati Nganjuk Ikuti Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024

Jum'at, 01 Maret 2024 | 09:30 WIB
header img
Rapat Pleno. Foto: iNewsNganjuk.id/Dok Pemda.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di Kabupaten Nganjuk saat ini telah memasuki tahap Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara tingkat kabupaten. Pj Bupati Nganjuk beserta Forkopimda turut menghadiri Rapat Pleno yang diselenggarakan di Hotel Front One. Rapat Pleno ini dibuka oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk, Pujiono.

Rapat Pleno tersebut tidak hanya dihadiri oleh Pj Bupati Nganjuk dan jajaran Forkopimda, tetapi juga dihadiri dan disaksikan oleh Ketua dan anggota KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) se-Kabupaten Nganjuk, Kepala Dinas, serta saksi dari 3 Pasangan Calon (Paslon) Presiden dan saksi DPD. Partai politik peserta Pemilu juga turut hadir dalam rapat tersebut. "Bahkan rapat ini disiarkan secara live streaming di kanal YouTube milik KPU Kabupaten Nganjuk, sehingga masyarakat dapat memantau dan melihat langsung proses Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pemilu Tahun 2024," jelas Ketua KPU, Pujiono.

Ketua KPU berharap bahwa seluruh saksi yang hadir serta Bawaslu dapat memeriksa dengan cermat detail-data yang akan direkap nantinya. "Mari kita lakukan rapat pleno ini secara terhormat, jika ada perbedaan data, sampaikan kepada kami secara terbuka, berikan bukti, jika memang kami salah, kami akan langsung memperbaikinya," ujarnya.

Momentum rekapitulasi ini penting untuk mengumpulkan hasil suara yang telah dicoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) menjadi suara utuh di tingkat kabupaten. Terkait mekanisme, kotak kontainer hasil rekapitulasi tingkat kecamatan akan disusun terlebih dahulu, kemudian KPU akan menampilkan data tersebut di aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Saksi-saksi dapat memeriksa kesesuaian data yang dimiliki dengan data yang ditampilkan.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut