get app
inews
Aa Read Next : Polres Nganjuk Menggelar Lomba PKS Tingkat SMP/MTs Kabupaten Nganjuk 2024

Larung Sesaji Mbaduk, Tradisi Ruwatan Pasar Ikan

Selasa, 05 Maret 2024 | 12:11 WIB
header img
Larung sesaji mbaduk. Foto: iNewsNganjuk.id/Sherly.

NGANJUK,iNewsNganjuk.id - Puluhan warga Desa Malangsari Kecamatan Tanjunganom menggelar Tradisi Larung Sesaji yang diadakan di pasar ikan Mbaduk Selasa (5/03/24) pagi.

Acara yang rutin digelar setiap tahun sekali ini sebagai wujud rasa syukur atas nikmat Tuhan berupa rezeki,keselamatan, serta hasil alam yang melimpah.

Selain Larung Sesaji kegiatan ini juga digelar untuk meruwat pasar ikan yang ada di Dam Mbaduk. Ruwatan sendiri adalah  salah satu bentuk upacara atau ritual penyucian. Sementara Larung Sesaji sendiri bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa dan warisan leluhur.

Menurut Kepala Desa Malangsari Mujianto acara ini rutin digelar setiap tahun dan diharapkan agar warga maupun para pedagang di Dam Mbaduk tetap menjaga kerukunan.

"Kegiatan Festival Larung Sesaji,doa bersama dan Ruwatan pasar ikan,semoga kegiatan ini mendapat barokah dari Tuhan," terang Mujianto.

Selain acara Larung Sesaji dan Ruwatan pasar ikan, diharapkan kegiatan ini juga bisa menarik wisatawan untuk mengunjungi Dam Mbaduk yang terdapat wisata kuliner lokal dengan nuansa di pinggir sungai dan masakan khas lokal.

Editor : Agus suprianto

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut