get app
inews
Aa Read Next : Polres Malang: Pabrik Narkoba Rumahan di Pandaan Pasuruan Dikendalikan Napi Lapas

Satgas Pangan Polri Pastikan Stok dan Harga Bapokting di Jatim Aman Jelang Lebaran 

Sabtu, 23 Maret 2024 | 09:05 WIB
header img
Tim satgas pangan saat melakukan inspeksi di jumlah pasar. Foto: iNewsNganjuk.id/Dok Polda.

SURABAYA, iNewsNganjuk.id,- Tim Satgas Pangan kembali aktif melakukan inspeksi di sejumlah pasar di wilayah Jawa Timur untuk memastikan harga dan stok kebutuhan Bahan Pokok Penting (Bapokting) menjelang Hari Raya Idul Fitri, tetap dalam kondisi aman.

Inspeksi kali ini dilakukan oleh Tim Satgas Pangan Mabes Polri dan Polda Jatim di pasar Wonokromo Surabaya, pada Jumat (22/3/2024).

Kasubsatgas Distribusi Pangan Mabes Polri, Kombes Pol Teddy Suhendyawan Syarif, menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan pengecekan di pasar-pasar secara nasional. Dari hasil inspeksi tersebut, ia menyatakan bahwa harga Bapokting di Jawa Timur masih tergolong wajar.

"Stok dan harga Bapokting di Jawa Timur terbilang aman. Kami telah melakukan pengecekan dari Surabaya, pasar induk Kediri, Mojokerto, hingga Wonokromo, dan dapat disimpulkan bahwa semua harga di Jawa Timur masih dalam kondisi normal," ujarnya.

Lebih lanjut, Kombes Teddy menegaskan bahwa beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) harus tetap tersedia dengan harga yang tidak melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET).

"SPHP memiliki harga tetap sebesar Rp10.900, dan terkait dengan minyak, kami mengawasinya melalui TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah). TPID juga mempersiapkan komoditas lain yang berhubungan langsung dengan pangan, yang nantinya akan diambil dari koperasi-koperasi yang berada di bawah pengawasan pangan, demi menjaga inflasi," jelas Kombes Teddy.

Ia menambahkan bahwa jika ada kenaikan harga telur dan ayam, hal tersebut masih dalam batas wajar dan tidak melebihi batas nasional yang telah ditetapkan.

"Dalam situasi seperti ini, kenaikan harga telur dan ayam masih dapat diterima karena tidak melampaui batas nasional yang telah ditetapkan," tambahnya.

Editor : Agus suprianto

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut