get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi Tanah, Eksekusi Pengadilan Nganjuk terhadap Azizah Mamik Pramono

Air Zamzam: Keistimewaan dan Tata Cara Meminumnya

Selasa, 25 Juni 2024 | 21:20 WIB
header img
Air zamzam. Foto: iNewsNganjuk.id/ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,-Air Zamzam adalah air suci yang diyakini memiliki banyak khasiat bagi umat Islam. Sumber air ini berada di kawasan Masjidil Haram di Mekah. Sebelum meminum air Zamzam, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Ahmad dari Jabir RA, Rasulullah SAW bersabda:

مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ

Artinya: "Air Zamzam sesuai dengan apa yang diniatkan peminumnya." (HR Ibnu Majah)

Doa Minum Air Zamzam
Berikut adalah doa yang dianjurkan untuk dibaca saat meminum air Zamzam:

اللهم اني أسألُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا واسعًا، وَشِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ.

Allaahumma innii as-aluka 'ilman naafi'an, wa rizqan waasi'an, wasyifaa-an min kulli daa-in.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari setiap penyakit."

Ada juga doa lain yang bisa dibaca sambil berdiri menghadap Ka'bah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَمِ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Allahumma inni as'aluka 'ilman nafi'an wa rizqan wasi'an wa shifa'an min kulli da'in wa saqamin bi rahmatika ya arhamarrahimin.

Artinya: "Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan penyembuhan dari segala penyakit; dengan Rahmat-Mu, wahai Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang!"

Adab Minum Air Zamzam
Menurut buku "Hidup Sehat Tanpa Obat" karya Dr. Jamal Muhammad Az-Zakki, dianjurkan untuk meminum air Zamzam sambil menghadap kiblat dan menyebut nama Allah SWT. Diriwayatkan dari Ibnu Majah, Muhammad bin Abdurrahman bin Abu Bakar mengatakan bahwa Ibnu Abbas memberikan nasihat, "Ketika minum air Zamzam, menghadaplah ke kiblat, sebut nama Allah dan bernafaslah tiga kali saat minum. Minumlah hingga kenyang, dan setelah selesai, pujilah Allah. Rasulullah SAW bersabda, 'Sesungguhnya tanda yang membedakan antara kita dengan orang-orang munafik adalah bahwa mereka tidak minum air Zamzam hingga kenyang.'"

Keutamaan Air Zamzam
Meminum air Zamzam dianggap sebagai amal ibadah, dengan niat mengikuti anjuran Rasulullah SAW. Namun, air Zamzam tidak boleh digunakan untuk mencuci najis atau membersihkan hadast besar, karena hal ini dianggap makruh. 

Diriwayatkan oleh Abdullah Ibnu Abbas, "Aku pernah menyiapkan air Zamzam untuk Rasulullah, kemudian beliau meminumnya sambil berdiri." Saat Rasulullah akan melakukan Sa'i, beliau minum air Zamzam hingga kenyang dan menyiramkan air Zamzam ke kepalanya.

Air Zamzam juga dikenal sebagai air yang diberkahi. Rasulullah SAW bersabda, "Air Zamzam tergantung pada tujuan apa ia diminum. Jika engkau meminumnya untuk kesembuhan, maka Allah akan menyembuhkanmu. Jika engkau meminumnya untuk kekenyangan, maka Allah akan mengenyangkanmu. Jika kamu meminumnya untuk menghilangkan dahaga, maka Allah akan menghilangkan dahaga tersebut. Air Zamzam adalah hasil dari pukulan (dengan kaki atau sayap) malaikat Jibril dan kesegaran yang diberikan Allah kepada Ismail." (HR Ad-Daraquthni dan Al-Hakim).

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut