get app
inews
Aa Read Next :  Doa Kelancaran Berbicara, Cara Mengatasi Gugup dan Mempermudah Penyampaian Pesan

7 Amalan Terbaik di Bulan Rabiul Awal, Meneladani Sunnah Nabi melalui Hadist

Kamis, 05 September 2024 | 09:17 WIB
header img
Amalan Terbaik di Bulan Rabiul Awal dengan membaca Al Quran. Foto: iNewsNganjuk.id/ Ilustrasi.

NGANJUK,iNewsNganjuk.id - Bulan Rabiul Awal adalah waktu yang sangat istimewa bagi umat Islam, terutama karena bulan ini dikenal sebagai bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Banyak umat Muslim yang meningkatkan ibadah dan amalan mereka sebagai bentuk penghormatan dan kecintaan kepada Rasulullah SAW.

Berikut adalah tujuh amalan utama yang dianjurkan pada bulan Rabiul Awal, disertai dengan hadist-hadist yang relevan:

 

1. Memperbanyak Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW

Dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Perbanyaklah sholawat kepadaku pada hari Jum’at. Barangsiapa yang memperbanyak sholawat kepadaku, akan mendapatkan syafaatku pada hari kiamat.” (HR. Al-Hakim)

Memperbanyak sholawat adalah bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW dan menunjukkan kecintaan kita kepada beliau. Sholawat juga merupakan doa yang mendatangkan keberkahan dan syafaat di hari kiamat.

 

2. Membaca dan Memahami Sirah Nabi

Dari Anas bin Malik RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Cintailah orang-orang yang mencintaimu karena Allah dan bencilah orang-orang yang membencimu karena Allah.” (HR. Ahmad)

Membaca sirah Nabi Muhammad SAW (biografi beliau) adalah cara untuk lebih memahami kehidupan dan perjuangan beliau. Ini membantu kita untuk meneladani akhlak dan ajaran beliau dalam kehidupan sehari-hari.

 

3. Mengadakan Majelis Maulid Nabi

Walaupun tidak ada hadist khusus yang menyebutkan tentang majelis Maulid Nabi, namun Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk berkumpul dan mengingat ajaran-Nya.

Mengadakan majelis Maulid Nabi, di mana umat Islam berkumpul untuk membahas kehidupan dan ajaran Nabi Muhammad SAW, adalah cara untuk mengingat dan merayakan kelahiran beliau serta meningkatkan kecintaan kita kepada beliau.

 

4. Meningkatkan Kualitas Ibadah

Dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya amal yang paling dicintai oleh Allah adalah yang kontinu walaupun sedikit.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Meningkatkan kualitas ibadah dan melakukannya secara konsisten adalah amalan yang sangat dianjurkan. Ini mencakup sholat, puasa, dan ibadah lainnya dengan niat yang ikhlas dan penuh penghayatan.

 

5. Berdoa untuk Kesejahteraan Umat Islam

Dari Abdullah bin Amr RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang mendoakan untuk saudaranya tanpa sepengetahuan orang tersebut, malaikat akan berkata: ‘Amin, dan untukmu juga seperti itu.’” (HR. Muslim)

Berdoa untuk kesejahteraan umat Islam, baik secara individu maupun kolektif, merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Doa yang tulus untuk sesama akan mendatangkan berkah dan kebaikan bagi kita juga.

 

6. Membaca Al-Qur'an dan Meningkatkan Khataman

Dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Seseorang yang membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka dia mendapatkan satu pahala, dan satu pahala dilipatgandakan menjadi sepuluh.” (HR. Tirmidzi)

Membaca dan memahami Al-Qur'an adalah amalan yang sangat dianjurkan, terutama di bulan Rabiul Awal. Meningkatkan khataman Al-Qur'an dan mempelajari makna ayat-ayatnya akan memperdalam pengetahuan kita tentang agama.

 

7. Bersedekah dan Membantu Sesama

Dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sedekah tidak akan mengurangi harta. Dan tidaklah seseorang memberi maaf kecuali Allah akan menambah kemuliaannya.” (HR. Muslim)

Bersedekah dan membantu sesama adalah bentuk amal jariyah yang sangat dianjurkan. Di bulan Rabiul Awal, memperbanyak sedekah dan membantu mereka yang membutuhkan adalah cara untuk memperlihatkan kepedulian dan kasih sayang kita kepada sesama.

Semoga amalan-amalan ini dapat meningkatkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW dan mendekatkan kita kepada Allah SWT. Selamat menjalankan ibadah di bulan Rabiul Awal, semoga kita semua mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut