Baca Doa Ini saat Sujud Rakaat Akhir Sholat, Dosa-Dosa Besar akan Diampuni Allah

Meita Nila Sari
Seorang wanita sedang sujud dan memanjatkan doa-doa agar diampuni dosanya walaupun dosa- dosa besar sekalipu. Foto: iNewsNganjuk.id/ ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Sujud merupakan salah satu bagian dari gerakan dalam sholat. Gerakan ini merupakan gerakan yang paling disukai oleh Rasulullah SAW karena merupakan gerakan yang mulia.


Sujud sendiri merupakan bentuk dari kita untuk memasrahkan diri kepada Allah SWT. Karena kita merupakan hamba yang kecil yang tidak akan berdaya tanpa adanya Allah SWT.


Sujud merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa kepada Allah SWT. Terlebih lagi sujud pada raka'at terakhir dalam gerakan sholat.


Ibadah sholat dan doa merupakan serangkaian ibadah yang tidak bisa dipisahkan. Karena seluruh bacaan sholat dan doa- doa kita panjatkan kepada Allah SWT.


Berdoa dan memohon hal yang baik-baik kepada Allah SWT boleh dimana saja. Namun ada waktu yang mustajab untuk berdoa agar segera dikabulkan doanya. 


Waktu yang mustajab untuk berdoa yakni pada saat melakukan gerakan sujud rakaat terakhir dalam sholat. Rasulullah SAW memberikan amalan doa saat umatnya melakukan sujud jika ingin dosanya diampuni  oleh Allah SWT walaupun dosa zina sekalipun.

Rasulullah SAW mengajarkan satu doa shahih saat melakukan gerakan sujud pada raka'at terakhir dalam sholat.


Allahummaghfirli dzanbi kullahu diqqahu wa jillahu wa awwalahu wa akhirahu wa ‘alaniyatahu wa sirrahu.


Yang artinya: "Ya Allah ampunilah seluruh dosa-dosaku semua, baik yang halus atau yang jelas, yang awal dan yang akhir, dan yang terang-terangan dan yang tersembunyi," (HR Bukhari). 


Doa sujud ini merupakan doa yang shahih, Nabi Muhammad SAW mengajarkan banyak doa sujud kepada hambanya. Namun, ini merupakan salah satu doa sujud yang bisa menghapus dosa-dosa besar kita.

Editor : Meita Nila Sari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network