7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kulit Wajah, Salah Satunya Hilangkan Flek Hitam

Meita Nila Sari
Manfaat jeruk nipis untuk merawat kulit wajah, dapat menghilangkan flek hitam. Foto : iNewsNganjuk.id/Meita

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Jeruk nipis buah berwarna hijau dan kecil ini memiliki banyak manfaat. Karena buah kecil ini mengandung banyak vitamin terutama vitamin C. Salah satu manfaat jeruk nipis untuk para wanita agar terlihat cantik yakni untuk kulit wajah.

Manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah karena dipengaruhi oleh banyaknya kandungan yang ada di jeruk nipis. Bahkan buah yang satu ini sering digunakan untuk bahan dasar produk perawatan kulit. Karena kandungan vitamin C yang banyak dalam jeruk nipis.

Bukan hanya kandungan vitamin C nya saja yang melimpah namun di dalam jeruk nipis juga terdapat beberapa vitamin yakni vitamin B 1, B2, B3, Karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, kalium, seng dan asam sitrat.

Vitamin-vitamin yang terkandung dalam jeruk nipis tersebut dapat bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan dapat merawat kulit wajah hingga menghilangkan flek hitam.

Memanfaatkan jeruk nipis untuk merawat wajah bisa anda lakukan dengan menggunakan sebagai masker wajah. Masker jeruk nipis ini dapat membantu anda untuk merawat kulit wajah dan dapat terhindar dari penuaan dini.
 

Nah para wanita ini berapa manfaat dari jeruk nipis untuk merawat kulit wajah anda

1. Mengobati flek hitam

Manfaat jeruk nipis untuk wajah ini yakni dapat mengobati flek hitam. Air jeruk nipis sebagai bahan pemutih alami karena sifat pencerah kulitnya yang dapat berguna untuk menyamarkan dan mengobati flek hitam.

Cara mengaplikasikannya yakni peras jeruk nipis dan ambil airnya, kemudia di gunakan kapas untuk mengoles jeruk nipi ke wajah anda yang berflek hitam. Diamkan dulu selama 30 menit. Pastikan anda tetep dalam ruangan dan hindari paparan matahari secara langsung.

Jeruk nipis ini dapat membuat kulit anda sensitif terhadap sinar matahari. Nah bukan hanya untuk menyamarkan flek hitam di wajah saja. Jeruk nipis juga bermanfaat untuk menyamarkan kulit ketiak yang berwarna gelap atau hitam.

2. Untuk obat jerawat

Pasti setiap wanita selalu tidak nyaman jika timbul jerawat dikulit wajah. Penyebab jerawat sendiri akibat kotoran yang menempel dikulit wajah kita, kulit berminyak dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Bagi anda yang memiliki kulit berminyak ini menjadi masalah timbulnya jerawat. Bakteri yang terdapat di pori-pori wajah dapat memperburuk peradangan kemudian timbul bintik kemerahan dan rasa nyeri.

Jeruk nipis yang mempunyai sifat antibiotik dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Untuk mengatasi jerawat anda dapat menggunakan jeruk nipis dengan madu.

Madu memiliki sifat anti bakteri yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan sifat asam dari jeruk nipis dapat mengontrol minyak berlebih diwajah.

Jeruk nipis dicampur dengan madu ini harus digunakan setiap minggu sebagai bagian dari perawatan kulit. Jika ada luka diwajah yang ditinggalkan oleh jerawat dapat diringankan dengan memijat kulit wajah dengan jeruk nipis segar.

3. Dapat mencegah penuaan

Manfaat lain dari jeruk nipis yakni dapat mencegah penuaan. Dengan bertambahnya usia dan banyak terpapar sinar matahari. Melanin yang dapat memberikan warna pada kulit dapat menumpuk dan terakumulasi. Hal semacam ini akan menimbulkan bintik-bintik hitam dan penuaan lainya.

Melanin tersebut dapat dihambat oleh jeruk nipis. Caranya anda hanya menggosoka jeruk nipis ke wajah anda. Atau andi bisa mencampur masker dengan jeruk nipis untuk mengurangi hiperpigmentasi.

Jeruk nipis juga merupakan sumber vitamin C, yang dapat meningkatkan sintesis kolagen dan dapat meminimalisir tanda penuaan. Anda juga dapat meminum perasan jeruk nipis hangat adar tidak dehidrasi dan menjaga kesehatan kulit.
 

4. Merawat kulit gelap

Kulit menjadi gelap karena terkena paparan matahari secara berlebihan. Nah manfaat jeruk nipis berikutnya yakni dapat menghilangkan kulit gelap di wajah anda.

Siapkan masker wajah, campukan tepung, yogurt, tambahkan sedikit perasaan jeruk nipis, kemudian ajuk hingga lembek dan dapat diaplikasikan diwajah sebagai masker. Oleskan secara merata pada wajah dan tunggu hingga kering kemudian basuh wajah dengan air.

5. Dapat merawat pori-pori yang terbuka

Manfaat dari jeruk nipis untuk wajah yang lainnya yakni dapat merawat pori-pori yang terbuka. Astringents efektif dalam menyebabkan pengencangan otot sementara. Maka dari itulah mengapa mereka sering digunakan dalam produk kecantikan dan perawatan kulit untuk meningkatkan penampilan wajah.

Minyak jeruk nipis memiliki sifat astringents dan dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori. Selain itu dapat mengurangi produksi minyak agar kulit menjadi cerah.

6. Dapat mengangkat kulit mati

Jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengangkat kulit mati diwajah anda. Kandungan asam sitrat yang ada di dalam jeruk nipis diketahui dapat mengangkat sel- sel kulit mati pada wajah.

Jeruk nipis ini juga sering digunakan dalam perawatan kecantikan di spa serta pengobatan di rumahan untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan pada wajah.

7. Menjadikan kulit glowing

Manfaat lain dari jeruk nipis ini adalah dapat menjadikan wajah menjadi glowing atau lebih bercahaya. Pastinya para wanita menginginkan wajah yang glowing. Anda bisa menggunakan jeruk nipis sebagai solusi alami.

Minumlah segelas air hangat dicampur perasan jeruk nipis dan madu di pagi hari secara teratur. Meminum ramuan ini dapat membuat kulit anda menjadi glowing dan bercahaya.

Nah itulah beberapa manfaat jeruk nipis untuk merawat kulit anda.

Editor : Meita Nila Sari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network