get app
inews
Aa Read Next : Eksplorasi Keunikan, Nama Desa Unik di Jawa Timur

Lestarikan Budaya Jawa, Pria di Nganjuk Koleksi Keris Kuno

Kamis, 09 Februari 2023 | 10:58 WIB
header img
Suyanto pengoleksi keris kuno. foto: iNewsNganjuk.id/Sherly

NGANJUK, iNewsNganjuk.id – Seorang warga yang berasal dari Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur memiliki koleksi lebih dari seribu keris.

 

Di rumahnya, Suyanto, warga Kecamatan Brebek, Nganjuk mengoleksi 1033 keris, mulai dari keris yang berusia puluhan hingga ribuan tahun, dan juga dari berbagai jenis keris. Yang dikoleksi oleh Suyanto merupakan keris asli yang dibuat oleh Mpu pada jaman dahulu kala.

 

Dimulai pada tahun 1989, Suyanto mengoleksi keris. Ketertarikan Suyanto pada keris bermula pada saat ia  mendapatkan keris pertamanya dari sang kyai. Sejak saat itulah ia mulai blusukan ke beberapa tempat untuk mencari keris yang dikenal orang sebagai senjata asli jawa.

 

Menurut Suyanto keris jaman sekarang dan dulu memiliki karakteristik yang berbeda. Keris yang asli memiliki motif tersendiri yang disematkan Mpu pembuat keris, sehingga memiiki ciri yang khusus.

 

Demi mendapatkan seluruh keris yang dimilikinya, ia bahkan sudah merogoh uang jutan rupiah hingga ratusan juta.Dikarenakan semakin langka keris maka akan berdampak pada harga yang akan semakin mahal.

 

Dari semua keris yang dimiliki, ada empat keris yang cukup istimewa baginya, bahkan keempat keris tersebut pernah ditawar oleh kolektor hingga setengah milyar rupiah, namun oleh Suyanto tidak dilepaskan, dengan alasan keempat keris itu memiliki cerita, dan sejarah tinggi pada jamannya. Keempat keris tersebut yakni, keris sepang kinatah kamarogan mataram, keris naga tapak angin kinatah kamarogan mataram, keris hamengkubowono Makara mataram, serta keris nagaraja kinatah kamarogan majapahit.

 

“Keris menjadi cukup berharga dimata kolektor dilihat dari tiga kriteria, nilai sejarah, estetika atau keindahan keris, serta pemilik keris terdahulu. Semakin lama usia keris, serta kepemilikan kerisnya adalah orang penting dijamannya, maka semakin bernilai tinggi keris tersebut,” ujar Suyanto, Rabu (8/2/2023).

(iNewsNganjuk,id/Sherly)

 

 

Editor : Agus suprianto

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut