get app
inews
Aa Read Next : Bagaimana Hukum Menafkahi Orang Tua Bagi Anak yang Sudah Menikah?

Pentingnya Latihan Motorik bagi Perkembangan Otak Anak

Senin, 06 Maret 2023 | 15:00 WIB
header img
perkembangan motorik anak. Foto: iNewsNganjuk.id/ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id – Di usia lima tahun pertama otak anak akan berkembang dengan optimal dan pesat. Karena hal itu, perkembangan anak di umur dini sangat perlu diperhatikan.

 

Otak anak memiliki daya serap informasi yang cepat sehingga diibaratkan  layaknya spons. Perkembangan motorik sangat dipengaruhi oleh organ otak. Setelahnya, otak memberikan pengaruh pada setiap gerak tubuh.

 

Saat otak anak berkembang semakin optimal, sistem syarafnya juga  akan semakin matang dalam mengatur dan mengkoordinasikan otot-otot tubuh untuk bergerak. Motorik sendiri dibagi menjadi dua, yaitu motorik harus dan motorik kasar.

 

Motorik halus merupakan perkembangan gerak yang meliputi otot kecil dengan koordinasi mata-tangan. Contohnya seperti menggambar, memotong, memasukkan balok sesuai bentuknya, menyusun puzzle.

 

Sedangkan, motorik kasar adalah perkembangan gerak yang meliputi keseimbangan dan koordinasi antar anggota tubuh. Contohnya, merangkak,  melompat, berjalan, dan berlari. Biasanya, yang berkembang pertama kali adalah kemampuan motorik kasar baru, motorik halus.

 

Pentingnya motorik dalam perkembangan anak ini menjadi perhatian dari sebuah pusat pembelajaran dari Singapura yang akan segera membuka cabangnya di Indonesia. Berdasarkan keyakinan bahwa masa depan dunia bergantung pada anak-anak saat ini dan perkembangan mereka dimulai sejak usia dini maka didirikannya pusat pembelajaran tersebut.

 

 

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut